Apa Itu Visi dan Misi Serta Perbedaannya ?? Ini Penjelasannya

By | October 31, 2018

Dalam rangka mencapai tujuan untuk mendapatkan sesuatu hal yang diinginkan diperlukan sebuah visi dan misi. Lantas apa itu visi dan misi? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara detail dan mendalam baik tentang pengertian visi dan misi sekaligus perbedaannya.

Ya, memang selama ini banyak orang yang tidak tahu dengan apa yang harus dilakukan ketika mereka tidak tahu apa sebenarnya visi dan misi dalam melaksanakan apa yang akan dilakukan tersebut. Karena itu bisa dibilang visi dan misi ini ibarat senjata untuk mendapatkan apa yang diinginkan dan ibarat peta tujuan untuk mencapai sebuah keberhasilan atas rencana – rencana yang ingin dituju. Mengenai apa itu visi dan misi serta perbedaannya bisa kita simak dalam informasi di bawah ini!

Apa Itu Visi dan Misi ?

Apa Itu Visi dan Misi

Apa itu visi dan misi? Pengertian visi dan misi adalah suatu konsep perencanaan yang disertai dengan suatu tindakan sesuai perencanaan yang telah dibuat untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dalam tempo tertentu.

Semua organisasi termasuk perusahaan pastinya memiliki visi dan misi dimana masing – masingnya digagas dan dirancang sedemikian rupa untuk menjadi sebuah pedoman dalam menjalankan organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. Visi dan misi harus dituangkan didalam bentuk tulisan agar semua pihak baik pihak internal atau eksternal bisa mengetahui tujuan dari organisasi yang didirikan.

Keduanya memang merupakan satu kesatuan yang harus kokoh dan saling berkaitan satu sama lain. Akan tetapi tetap saja pengertian visi dan misi sebenarnya berbeda. Untuk menjelaskan lebih detail tentang visi dan misi berdasarkan pengertiannya berikut kami akan berikan ulasannya untuk Anda.

Pengertian visi

Pengertian visi

Pengertian visi secara umum berarti pandangan jauh ke depan dari individu atau suatu organisasi dimana hal tersebut berkaitan dengan tujuan yang ingin untuk dicapai dan apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan apa yang menjadi visi tersebut di masa yang akan datang.

Visi juga menunjukkan suatu cita – cita, keinginan, impian dan tujuan yang ingin dicapai. Umumnya setiap organisasi atau perusahaan memiliki visi di masa depan yang merupakan buah pikiran dari para pendiri organisasi tersebut. Didalam visi terdapat juga pandangan tentang arah suatu manajemen yang secara ringkas memiliki makna sebagai berikut :

  • Visi merupakan tujuan suatu organisasi atau perusahaan di masa yang akan datang dimana dibuat secara tertulis.
  • Visi berupa suatu gagasan yang berisi tentang cita – cita atau tujuan utama dari para pendiri suatu organisasi.
  • Visi dibuat dalam bentuk tulisan singkat, jelas dan fokus yang menjelaskan tentang arah suatu organisasi.

Syarat – syarat visi meliputi :

  • Memiliki orientasi pada masa depan
  • Wujud eskpresi kreativitas
  • Tidak berdasar pada kondisi saat ini
  • Berdasar atas prinsip dan nilai yang didalamnya mengandung penghargaan kepada masyarakat

Pengertian misi

Pengertian misi

Misi secara umum mengandung pengertian tentang segala sesuatu yang harus dilakukan dalam mewujudkan apa yang sudah menjadi suatu visi. Misi organisasi perusahaan merupakan tujuan dan alasan berdirinya suatu organisasi serta menjadi suatu pedoman sekaligus arahan dalam mencapai tujuan sebuah organisasi.

Sehingga bisa diartikan juga bahwa misi merupakan penjabaran dari suatu visi. Secara ringkas, makna misi meliputi :

  • Suatu penjabaran dari suatu visi organisasi atau perusahaan
  • Misi adalah tindakan, strategi atau berbagai tahapan yang perlu dilakukan suatu organisasi untuk merealisasikan visi
  • Misi juga bisa diartikan sebagai tahapan – tahapan yang perlakuannya didasarkan atas tujuan untuk merangsang terjadinya pencapaian visi suatu organisasi.

Pengertian Visi dan Misi Menurut Para Ahli

Pengertian Visi dan Misi Menurut Para Ahli

Pengertian visi dan misi menurut Indrakaralesa

Menurut Indrakaralesa pengertian visi dan misi berarti suatu refleksi berbagai keyakinan serta asumsi – asumsi dasar tentang berbagai aspek, termasuk juga tentang kemanusiaan, ekonomi, teknologi, politik, seni budaya dan juga sekaligus mengenai etika.

Definisi visi menurut Ancok

Pengertian visi menurut Ancok berarti statement yang isinya tentang sebuah arahan secara jelas mengenai apa yang nantinya akan dilakukan oleh suatu organisasi di masa yang akan datang.

Arti visi menurut Aditya

Menurut Aditya, pengertian visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan – tujuan sebuah perusahaan dan juga apa yang perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan demi mencapai tujuan di masa yang akan datang.

Pengertian visi menurut Mita

Menurut Mita bahwa visi merupakan sesuatu yang bisa kita bayangkan secara ideal yang nantinya akan dicapai di masa yang akan datang.

Definifi visi menurut Arman

Pengertian visi menurut Arman artinya suatu pernyataan yang mendefinisikan tentang sesuatu yang ingin dicapai oleh satu individu atau sebuah organisasi di masa yang akan datang.

Arti visi dan misi menurut Wibisono

Pengertian visi menurut Wibisono adalah suatu rangkaian kalimat yang menyatakan tentang cita – cita atau impian suatu organisasi yang ingin dicapai di masa yang akan datang. Sementara pengertian misi menurut Wibisono berarti suatu upaya penetapan sasaran atau tujuan perusahaan dalam jangka waktu yang pendek selama 1 sampai dengan 3 tahun.

Dilihat dari beberapa penjelasan tentang visi dan misi diatas, jelas visi dan misi memiliki perbedaan. Adapun beberapa perbedaan visi dan misi diantaranya :

  • Visi merupakan tujuan jangka panjang yang ingin dicapai, cita – cita atau hal yang ingin dilakukan di masa yang akan datang oleh sebuah organisasi atau perusahaan.
  • Misi merupakan suatu strategi, langkah dan cara yang dijabarkan untuk mewujudkan visi yang ingin dicapai.
  • Visi pada umumnya terdiri atas beberapa kalimat atau pernyataan saja.
  • Misi pada umumnya terdiri atas rangkaian kalimat atau pernyataan yang cukup panjang dan detail tentang cara, upaya, dan strategi yang akan dilakukan.

Manfaat Visi dan Misi Dalam Sebuah Organisasi

Manfaat Visi dan Misi

Sebagai perumpamaan, kali ini kita akan membahas tentang manfaat dari visi dan manfaat dari visi bagi sebuah organisasi. Karena organisasi tanpa visi dan misi ibarat sebuah rumah yang dibangun tanpa adanya pondasi. Akan mudah rapuh, roboh dan tenggelam diterkam badai ide yang berbeda atau karena berbagai kendala yang lain.

Dalam sebuah organisasi, manfaat visi meliputi :

  • Visi menjadi suatu media yang digunakan dalam menjembatani suatu kondisi organisasi saat ini dan di masa yang akan datang.
  • Membantu meningkatkan standar kerja yang jauh lebih baik.
  • Menumbuhkan suatu rasa memiliki atas organisasi.
  • Menumbuhkan serta sekaligus meningkatkan tanggung jawab dan etos kerja karyawan.

Sementara manfaat misi bagi sebuah organisasi atau juga perusahaan secara umum meliputi :

  • Misi digunakan untuk menentukan tujuan dasar bagi sebuah organisasi
  • Misi menciptakan suatu kondisi organisasi yang sehat seperti pada umumnya
  • Misi menjadi suatu pedoman dalam membuat sebuah rencana bisnis
  • Misi dapat membantu individu dalam sebuah kelompok organisasi untuk mengidentifikasi tujuan organisasi.
  • Misi dapat membantu memacu organisasi agar bisa lebih berinovasi pada suatu persaingan. Dengan begini persaingan tidak akan menjadi suatu hambatan bagi suatu organisasi untuk lebih baik lagi.
  • Misi dapat membantu individu atau kelompok dalam organisasi mengambil keputusan yang sesuai dengan visi organisasi.
  • Misi dapat memberikan dan menerjemahkan tujuan dasar organisasi sehingga parameter biaya, waktu dan kinerja bisa dikontrol dan dilakukan evaluasi dengan jauh lebih baik lagi.

Contoh Visi dan Misi

Contoh Visi dan Misi

Contoh Visi dan Misi Oragnisasi

Disini kita akan berikan beberapa contoh visi dan misi. Untuk contoh visi dan misi yang pertama adalah visi dan misi untuk sebuah organisasi kepemudaan.

Visi organisasi : Mewujudkan generasi muda yang tangguh, terampil, mandiri, memiliki akhlak yang mulia dan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan sekitarnya.

Misi organisasi :

  • Mengadakan berbagai kegiatan berbasis kepemudaan di tengah masyarakat
  • Mengadakan berbagai pelatihan bisnis pertanian, perniagaan dan bisnis di bidang kreatif
  • Membantu masyarakat dalam pengabdian dan menjaga lingkungan
  • Membantu meningkatkan prestasi warga masyarakat baik dalam olahraga, bidang keilmuwan atau bidang yang lainnya.
  • Berupaya meningkatkan rasa persaudaraan antar masyarakat dengan mengadakan berbagai pertemuan – pertemuan secara rutin.

Contoh Visi dan Misi Perusahaan

Sementara contoh yang kedua kami berikan untuk Anda adalah contoh visi dan misi bisnis ritel atau alfamart. Visinya yaitu : Menjadi jaringan distribusi ritel yang paling besar dan memiliki integrasi secara kompetitif di Indonesia yang akan memberdayakan pengusaha kecil dan memenuhi kebutuhan serta harapan bagi para pelanggan.

Misi bisnis ritel atau alfamart sebagai berikut :

  • Memenuhi kebutuhan serta harapan para pelanggan dengan berfokus pada peningkatan produk yang berkualitas dan memberikan layanan yang terbaik.
  • Menerapkan praktik bisnis etis, menjadi yang terbaik dalam semua tindakan yang dilakukan yang ada kaitannya dengan tata laksana bisnis.
  • Mengembangkan semangat serta sekaligus keterampilan kewirausahaan di perusahaan dan sekaligus masyarakat
  • Mengembangkan organisasi yang handal, sehat dan berkembang yang bisa menguntungkan bagi semua pemangku kepentingan.

Dampak Jika Organisasi Atau Perusahaan Tidak Memiliki Visi dan Misi

Dampak Jika Organisasi Atau Perusahaan Tidak Memiliki Visi dan Misi

1. Ide yang tidak bisa dieksekusi

Dampak jika suatu organisasi atau perusahaan tidak memiliki visi dan misi yang pertama adalah adanya kebingungan dalam memahami keseluruhan operasional bisnis atau organisasi yang tentu sangat kompleks. Akibatnya proses eksekusi ide bisnis yang ada di kepala akan berantakan akibat tidak memiliki strategi yang kuat dan konsep yang jelas dalam menjalankannya. Karena itu visi dan misi merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah organisasi atau suatu bisnis. Bisnis juga tidak akan mudah berkembang dan akan sulit unggul dan mencapai tingkat terbaik jika tidak memiliki ide yang jelas.

2. Anda tidak realistis

Sebagai seorang pebisnis, Anda memiliki ekspektasi yang sangat besar pada bisnis Anda. Sejak ide bisnis hadir di pikiran Anda saat itu juga Anda mulai bisa membayangkan kesuksesan yang akan Anda capai nantinya.

Memang bagi seorang manusia, sangat wajar dan manusiawi jika Anda memiliki mimpi akan tetapi terkadang realita tidak sesuai dengan ekspektasinya. Anda akan menghadapi berbagai kenyataan buruk yang tidak pernah Anda pikirkan. Karena Anda masih belum menyiapkan perencanaan bagi suatu bisnis maka Anda akan menjalankan bisnis sesuai dengan ekspektasi yang ada di pikiran Anda saja. Itu artinya Anda hanya lebih mengandalkan emosional dan mengabaikan logika berpikir Anda sehingga apa yang Anda jalankan tidak akan bisa terlaksana secara maksimal.

3. Produk Anda tidak diminati pasar

Dalam suatu bisnis, bagian yang sangat penting bagi sebuah bisnis tentu adalah riset. Riset menjadi bagian yang sangat penting dalam mengukur minat pasar terhadap suatu produk sebelum diluncurkan. Akan tetapi jika Anda tidak memiliki persiapan atas sebuah rencana bisnis dimana Anda hanya berusaha mengira – ngira saja apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai konsumen Anda maka hal ini akan menjadikan eksekusi apapun yang Anda akan  lakukan tidak maksimal.

Padahal sebenarnya bisa saja pada kenyataannya produk Anda tidak cocok dengan target market Anda bahkan bisa jadi produk Anda karena hanya sebatas mengira – ngira merupakan produk yang saat ini sedang tidak diminati. Tentu pada akhirnya apa yang Anda lakukan akan percuma. Hasilnya dari apa yang Anda kerjakan dan usahakan tidak akan pernah bisa berjalan secara maksimal.

4. Tidak memiliki kesiapan dalam menghadapi competitor

Di era globalisasi saat ini memang suatu sistem menjadikan suatu persaingan bisnis akan semakin ketat. Ada banyak bisnis yang berpotensi bermunculan akan tetapi tidak menjamin suatu bisnis yang bermunculan tersebut bisa bertahan lama. Bahkan ada sebuah bisnis yang hanya bisa bertahan dalam tempo hanya 1 tahun saja. Mengapa hal ini terjadi?

Hal ini bisa terjadi ketika suatu bisnis yang baru berdiri tersebut tidak memiliki visi dan misi. Anda yang tidak memiliki visi dan misi tidak akan punya suatu rencana bisnis ke depan seperti apa. Akibatnya Anda tidak bisa mengamati kelebihan dan kekurangan dari kompetitor Anda. Akibatnya bisnis yang Anda jalankan tidak akan menawarkan sesuatu yang berbeda. Produk Anda tidak akan bisa lebih unggul dari kompetitor bisnis Anda karena Anda tidak bisa memahami seperti apa sebenarnya strategi dari lawan – lawan Anda. Hal ini yang sedang menjadi masalah bagi kebanyakan bisnis yang ada di Indonesia.

Solusinya, Anda harus punya suatu rencana bisnis berikut visi dan misinya. Jabarkan disana apa yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda, apa yang perlu dibenahi oleh perusahaan Anda, dan lakukan semua itu secara sistematis dan terorganisir demi kemajuan bisnis Anda.

5. Kemungkinan kegagalan akan lebih besar

Bagi Anda yang memiliki modal besar, mungkin kegagalan yang Anda alami tidak akan menjadi sebuah masalah besar. Jika Anda mengalami kegagalan, Anda bisa memulainya dari awal kembali dengan sisa modal yang masih Anda miliki. Akan tetapi bagi Anda yang memiliki modal yang terbatas, Anda harus lebih serius lagi karena ketika kegagalan Anda alami bisa jadi peluang untuk memperbaiki diri sangat sempit dengan keterbatasan yang Anda punya.

Jadi yang sebaiknya Anda lakukan adalah siapkan strategi dan rencana bisnis sedari awal. Jika tidak maka kemungkinan atau potensi kegagalan untuk bisnis Anda akan jauh lebih besar. Karena Anda akan menjalankan beberapa kesalahan dan Anda tidak tahu cara bagaimana agar Anda bisa segera mengatasinya. Sehingga jika Anda gagal membuat suatu rencana dalam bisnis maka sejatinya Anda adalah salah satu orang yang sedang merencanakan kegagalan.

Itulah informasi yang bisa kita berikan untuk Anda. Semoga informasi tentang apa itu visi dan misi, perbedaannya sekaligus contoh dan dampaknya bisa menjadi inspirasi untuk Anda menata masa depan bisnis atau organisasi yang jauh lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.