Sejarah, Penggunaan, dan Cara Mencari Persentase Lengkap

Cara Mencari Persentase – Dalam mata pelajaran Matematika, persentase atau yang juga disebut dengan perseratus ini merupakan sebuah angka maupun perbandingan (rasio) yang biasanya digunakan untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase juga sering sekali ditunjukkan dengan simbol “%”. Persentase ini bahkan juga digunakan walaupun bukan unsur ratusan. Bilangan itu lalu diskalakan dengan tujuan agar bisa dibandingkan dengan seratus. Misalnya saja, ada 4 orang dosen sedang mengawasi ujian di sebuah kampus, 3 dari mereka tidak berkacamata, dan 1 orang lagi menggunakan kacamata. Persentase dosen yang tidak berkacamata ini adalah 3 dari 4 = 3/4 – 75/100 – 75 %, sementara itu dosen yang berkacamata adalah 1 dari 4 – 1/4 = 25/100. Namun demikian sebelum kami akan membahas lebih lengkapnya tentang cara mencari persentase, sebaiknya ketahui terlebih dulu sejarah dan penggunaan persentase itu sendiri seperti berikut ini.

Sejarah dan Penggunaan Persen

Cara mencari persentase

Penting untuk diketahui terlebih dulu bahwa dulu pada saat masih zaman romawi kuno berlangsung, jauh sebelum munculnya sistem desimal yang memungkinkan menuliskan sebuah angka dengan adanya angka yang terletak di bagian belakang koma, dimana perhitungan untuk angka – angka tertentu sering sekali dibuat dalam fraksi – fraksi kelipatan 1/100. Yang mana pada saat masih berjalannya zaman romawi kuno kala itu lebih dikenal dengan adanya pajak lelang yang dihitung sebesar 1/100, mulai dari nilai – nilai lelang yang dikenal dengan nama “Centesima Rerum Venalium”.

Perhitungan tersebut digunakan sebagai cara menghitung persentase yang pada dasarnya mirip sekali dengan istilah persen yang biasanya kita kenal pada komputasi modern. Di abad – abad berikutnya, ternyata istilah pembagian 1/100 ini kemudian sering sekali digunakan dalam berbagai perhitungan. Ia digunakan khusus untuk mencari bagian dari sebuah bagian yang paling besar. Lalu di akhir abad yang ke-15, persen ternyata sudah mulai umum digunakan di berbagai laporan, seperti halnya pada laporan laba rugi, penjualan, suku bunga, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, di abad ini juga penulisan persen alami perubahan. Jika dulu ditulis dengan kata “percento” lalu berubah menjadi kata “per”, dan kemudian digantikan dengan tanda miring “/”, dan cento diganti oleh dua tanda nol “0”, yang kemudian dikenal secara luas simbolnya persen sebagai “%”. Selain hal tersebut, pada dasarnya penggunaan persentase ini amat sangat berguna sekali, sebab seseorang bisa membandingkan hal – hal yang tidak sama angkanya. Sebagai contoh, nilai ujian sering sekali menggunakan persentase, sehingga seseorang bisa membandingkan nilai – nilai tersebut walaupun jumlah pertanyaannya berbeda – beda.

Cara Mencari Persentase Lengkap

Cara Mencari Persentase

Perlu untuk diketahui juga bahwa persentase ini pada dasarnya ada di sekitar kita, misalnya saja dari 3.4 % persentase bulanan hingga 80 % cuci gudang. Hal tersebut pasti saja akan sangat membantu sekali untuk mengetahui tentang persentase, artinya, dan juga cara menghitungnya atau pun mencarinya. Untuk mencari persentasenya tidak sesulit seperti yang ada dalam benak Anda, dan cara mencarinya ditunjukkan di bawah ini.

  1. Cara menghitung persentase secara keseluruhan
  2. Cara Merubah bentuk persentase
  3. Rumus Menghitung diskon
  4. Cara Mencari Persentase kenaikan
  5. Cara Menghitung Persentase penurunan

Cara menghitung persentase secara keseluruhan

Langkah pertama adalah dengan mengetahui apa yang dimaksudkan dengan persentase. Persentase ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan sebuah angka sebagai salah satu bagian dari keseluruhan. Untuk bisa menghitung atau pun mencari persentase, maka Anda harus bisa melihat keseluruhan tersebut sebagai 100 %. Contohnya saja, Anda memiliki 10 buah apel (= 100 %). Apabila Anda memakan 2 buah apel tersebut, maka Anda sudah memakan 2/10 x 100 % = 20 % dari buah apel Anda, dan yang tersisa adalah 80 % dari buah apel keseluruhan Anda. Istilah “perfect” dalam bahasa Inggris asalnya dari bahasa Italia, yakni “per cento” atau bahasa Perancisnya adalah “pour cent” yang berarti “setiap seratus.

Langkah yang selanjutnya adalah menentukan nilai – nilai keseluruhan. Contohnya saja, Anda punya sebuah toples yang berisikan 1.199 kelereng merah dan 485 kelereng berwarna biru, membuat total kelerengnya menjadi 1.684. Dalam kasus tersebut, ada sekitar 1.684 adalah kelereng keseluruhan yang ada di dalam toples dan setara dengan 100 %. Kemudian Anda harus menentukan pula nilai – nilai yang ingin Anda ubah menjadi bentuk persentase. Katakanlah Anda ingin tahu persentase dari toples yang sudah terisi dengan 485 kelereng berwarna biru. Silakan letakkan kedua nilai ke dalam bentuk pecahan. Dalam contoh berikut ini Anda perlu tahu berapa persen 485 jumlah kelereng yang berwarna biru dari 1.684 total kelereng secara keseluruhan. Dengan begitu maka pecahan untuk kasus satu ini adalah 485.1.684.

Jika sudah silahkan ubah bentuk pecahan menjadi desimal. Untuk mengubah 485/1.684 menjadi bentuk desimal mudah sekali, yakni Anda hanya perlu membagi 485 dengan 1.684 sehingga mendapatkan hasil 0.288. Terakhir, ubah bentuk desimal menjadi bentuk persen. Dalam kasus ini Anda bisa mengalikan hasil yang sudah didapat dengan menggunakan langkah tadi dengan angka 100. Contohnya saja, 0.288 dikalikan dengan 100, sehingga hasilnya menjadi 28.8 atau 28.8 %. Cara paling sederhana untuk mengalikan desimal dengan angka 100 ini adalah dengan cara memindahkan desimal ke kanan dua tempat.

Cara Merubah bentuk persentase

Kadang kalanya Anda diberikan persentase suatu hal dan harus mengetahui nilai persennya terlebih dulu, contohnya saja pada saat akan menghitung pajak, tips, atau pun bunga pinjaman. Pertama – tama, silakan Anda ketahui terlebih dulu nilai awalnya. Misalnya saja Anda meminjam uang dari seorang teman yang akan mengenai bunga, maka jumlah yang akan Anda pinjam mulanya adalah $14 dan untuk besar bunganya sendiri adalah 3 % setiap hari. Ini merupakan dua angka yang Anda perlukan untuk lakukan sebuah perhitungan. Ubah bentuk persen jadi desimal dengan cara mengalikan persen dengan 0.01 atau pun dengan cara memindahkan desimal ke kiri dua tempat. Ini akan merubah 3 % menjadi 0.03.

Jika sudah kalikan jumlah mula – mula dengan desimal baru. Dalam hal tersebut Anda bisa mengalikan 15 dengan 0.03, sehingga hasil yang didapatkan adalah 0.45. Dalam contoh ini $0.45 adalah jumlah bunganya yang dikenakan setiap hari apabila Anda tidak membayar temanmu.

Rumus Menghitung diskon

Cara menghitung diskon pertama adalah mengetahui harga dan nilai diskonnya. Ini merupakan cara paling mudah untuk menghitung harga yang sedang didiskon, akan tetapi Anda tetap harus memastikan persentasenya dengan akurat. Cek kembali berapa diskon yang diberikan untuk barang yang ingin Anda beli. Setelah itu temukan kebalikan persentase diskonnya. Kebalikan persentase ini adalah 100 % dikurangi dengan persentase yang Anda hitung. Jika Anda memang ingin membeli baju dengan diskon 30 %, maka kebalikannya adalah 70 %.

Kemudian silakan ubah persentase yang sudah dibalik menjadi desimal. Caranya mudah sekali, yakni dengan mengalikan dengan 0.01 atau memidahkan desimal dua tempat ke kiri. Dalam contoh tersebut adalah 70 % menjadi 0.7. Lalu kalikan harga dengan desimal baru. Apabila baju atau pakaian yang Anda inginkan seharga $20, maka kalikan 20 dengan 0.7, sehingga hasil yang didapat adalah 14. Ini artinya baju tersebut didiskon menjadi $14.

Cara Mencari Persentase kenaikan

Perlu untuk Anda tahu juga bahwa salah satu penggunaan persentase adalah untuk hitung kenaikan nilai. Persentase kenaikan nilai ini dihitung berdasarkan perbandingan dari nilai kenaikan dengan nilai semua atau nilai referensi sebelum adanya kenaikan. Untuk dapat menghitung persentase kenaikan nilai tersebut langkah – langkahnya sebagai berikut, yakni ketahui nilai semua sebelum kenaikan, ketahui nilai kenaikan, hitung perbandingan nilai kenaikan dengan nilai semula, lalu kalikan hasil dengan angka 100 %.

Contohnya apabila Anda ingin menghitung persentase kenaikan dari 75 je 90, maka langkah pertamanya adalah menentukan nilai awal, yakni 75, lalu menentukan nilai kenaikannya, yakni 90 – 75 = 15, kemudian perbandingan nilai kenaikan dengan nilai semua yakni 15/75, terakhir adalah persentase kenaikan yang didapatkan yakni (15/75) x 100 % = 20 %.

Cara Menghitung Persentase penurunan

Persentase penurunan ini biasanya digunakan untuk menghitung penurunan nilai yang terjadi. Persentase penurunan nilai tersebut dihitung berdasarkan perbandingan dari nilai – nilai penurunan dengan nilai semula atau nilai referensi sebelum adanya penurunan. Untuk mencari atau menghitung persentase penurunan nilai langkah – langkahnya sebagai berikut. Misalnya saja untuk menghitung persentase penurunan dari 75 ke 60, maka langkah pertama adalah menentukan nilai semula, yakni 75, lalu menentukan nilai penurunannya yakni 75 – 60 = 15, kemudian perbandingan nilai penurunan terhadap nilai semula yakni 15/75, maka hasil yang didapat adalah (15/75) x 100 % = 20 %.

Contoh Soal beserta Cara Cepat Menghitung Persen Tanpa Kalkulator

Cara mencari persentase

Soal pertama

Menghitung pecahan 1/4 dalam persen. (Petunjuk : persentase = nilai perbandingan x 100 %), maka jawabannya adalah angka 1/4 adalah nilai perbandingan, sehingga persentase dari angka tersebut adalah (1/4) x 100 % = 25 %.

Soal kedua

Menghitung pecahan 0.375 dalam persen. (Petunjuk : persentase = nilai perbandingan x 100 %), maka jawabannya adalah angka 0.375 adalah nilai perbandingan sama dengan 375/1.000, sehingga persentasenya adalah 0.375 = 0.375 x 100 % = 37.5 %.

Soal ketiga

Mencari persentase apabila 5 dibandingkan dengan 60. (Petunjuk : persentase = nilai perbandingan x 100 persen), maka jawabannya adalah persentase 5 dari 60 = (5/60) x 100 % = 8.33 %.

Soal empat

Ada sebuah sepatu dijual dengan harga Rp 100.000,00 dari harga semula Rp 150.000,00. Berapa persen diskon harga sepatu tersebut? (Petunjuk : persentase penurunan = perbandingan nilai penurunan terhadap nilai semula dikalikan 100 persen), maka jawabannya adalah penurunan harga = 150.000 – 100.000 = 50.000 dan persentase penurunannya = (50.000/150.000) x 100 % = 33.33 %.

Cara Menghitung persentase di Kalkulator

Cara mencari persen

Mungkin beberapa dari Anda ada yang masih belum memahami dan mengerti tentang cara mencari atau pun menghitung persentase di kalkulator. Maka dari itu tidak ada salahnya juga untuk kita bahas. Pada dasarnya cara mencari persentase di kalkulator smartphone atau pun kalkulator lainnya ini tidak jauh berbeda. Contohnya saja, cara menghitung persentase di kalkulator casio sama halnya dengan cara menghitung persentase di kalkulator smartphone Android. Hanya saja yang membedakannya biasanya adalah lambang pengoperasiannya dan tata letak tombol – tombolnya. Sebelumnya mari dilihat dulu jenis – jenis kalkulator yang biasanya dijumpai untuk mencari persentase.

  • Kalkulator biasa. Jenis kalkulator yang pertama ini merupakan jenis yang paling umum dan banyak digunakan, baik itu di toko – toko, kantoran, dan lain sebagainya. Kalkulator standar biasanya terdiri dari tombol – tombol yang sangat terbatas sekali untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan pertambahan, perkalian, pengurangan, akar, pembagian, dan persentase. Umumnya jenis kalkulator ini dipakai pada pekerjaan yang tidak membutuhkan perhitungan rumit.
  • Kalkulator ilmiah. Lain halnya dengan jenis kalkulator yang berikut ini, atau yang juga dikenal dengan kalkulator scientific. Kalkulator tersebut memiliki fungsi yang jauh lebih banyak. Tak hanya pertambahan dan pengurangan saja, tetapi kalkulator ini juga sudah dilengkapi dengan tombol pangkat, logaritma, tan, cos, sin, dan lain – lain.

Berikut ini akan kami ingatkan kembali tentang cara mencari persentase dengan menggunakan rumus – rumus yang sederhana, diantaranya sebagai berikut. Persentase = (bagian /seluruh) x 100 %. Kemudian untuk mencari nilai sebenarnya dari suatu persentase bisa dicari dengan menggunakan rumus : (persentase/100 %) x seluruh. Kami ingatkan lagi, bahwa untuk menghitung persentase di kalkulator ini sebetulnya tidak jauh berbeda seperti saat menghitung pesentase secara manual. Bahkan rumus yang digunakan juga sama. Hanya saja Anda di sini tidak perlu menghitungnya sendiri, sebab angka yang Anda masukkan akan diproses secara langsung oleh kalkulator.

Misalnya saja ada seorang anak kecil yang memiliki 50 kelereng, kemudian 10 kelereng diberikan kepada adiknya. Jadi, berapa persentase kelereng yang diberikan anak tersebut kepada adiknya? Jawabannya, apabila Anda memang ingin menghitung di kalkulator, maka Anda hanya perlu memasukkan angka di atas berdasarkan rumus persentase. Rumus yang bisa Anda gunakan adalah persentase = (bagian/seluruh) x 100 %. Masukkan saja angka 10, kemudian tekan tombol bagi (÷) atau (/), jika sudah ketikkan angka 50 dan tekan tombol kali (x) atau (*), masukkan angka 100 lalu tekan tombol (=), maka akan diketahui hasilnya, yakni 20 %.

Lalu untuk menghitung diskon tidak jauh berbeda seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, rumus menghitung diskon ini adalah nilai diskon = nilai persentase x nilai pecahan (harga sebelum diskon). Contoh soalnya adalah sebagai berikut, ada kaos yang dijual seharga Rp 100.000,00, baju tersebut mendapat diskon 20 %. Berapa harga baju setelah mendapat diskon? Pada kalkulator, cara menghitungnya mudah sekali, pertama Anda bisa memasukkan angka 20/100 yang menjadi betuk pecahan dari 20 %. Jika sudah tekan tombol kali atau (x) dan masukkan 100000 tanpa tanda titik. Tekan tanda sama sehingga muncul hasilnya 20000, ini adalah besaran diskon yang dinyatakan dalam bentuk Rupiah. Selanjutnya adalah mengurangi 100.000 dengan 20.000, dan didapatkan harga 80.000.

Sebagai tambahan saja, masing – masing kalkulator pada dasarnya memiliki tombol pengoperasian yang berbeda – beda. Maka dari itu, silakan Anda sesuaikan dengan kebutuhanmu apabila ingin membeli kalkulator. Anda bahkan juga bisa manfaatkan kalkulator PC. Cara menghitung atau mencari persentase di kalkulator Windows ini sama saja dengan kalkulator yang lainnya. Kelebihannya Anda bisa ubah jenis kalkulator Windows menjadi scientific, standar, statistic, dan lain sebagainya. Cocok jika Anda bekerja di depan PC.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang sejarah, penggunaan, dan cara mencari persentase lengkap. Semoga bermanfaat.