Contoh Paragraf Deduktif Adalah ? Dilengkapi Penjelasan Paragraf Secara Umum

Contoh Paragraf Deduktif – Paragraf merupakan rangkaian atau susunan beberapa kalimat yang padu. Paragraf tersusun dengan aturan dan konsep sehingga kita akan menemukan berbagai unsur dan jenis paragraf. Salah satunya kita mengenal istilah paragraf deduktif. Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi.

Pola deduksi merupakan pola yang bermula dengan pemaparan suatu hal yang bersifat umum kemudian menyebar ke hal – hal yang bersifat khusus. Kita bisa melihat suatu paragraf merupakan rangkaian paragraf deduktif atau bukan dari letak kalimat utamanya yang berada di awal alinea. Selain paragraf deduktif, juga masih banyak jenis paragraf yang lainnya dimana kita bisa simak uraian informasi lengkapnya di bawah ini!

Paragraf Deduktif Adalah? Ini Contoh-contohnya

contoh paragraf Deduktif

Seperti yang kita sudah jelaskan di awal bahwa paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi. Jadi penjelasannya berdasarkan pemaparan suatu aspek yang bersifat umum kemudian menyebar ke hal – hal yang dijelaskan secara khusus. Contoh paragraf deduktif yaitu :

Contoh Paragraf Deduktif tentang Lalu lintas

Fenomena macet yang terjadi di kota besar yang ada di Indonesia sebenarnya sudah sangat biasa kita jumpai. Hal ini dapat terjadi karena beberapa sebab, diantaranya volume kendaraan yang sudah tinggi dan melampaui target serta kapasitas jalan. Selain itu, tingkat kesadaran warga yang kurang disiplin dan masih banyaknya aparat yang kurang bersikap tegas dapat menindak pelanggaran pengguna jalan yang semakin lama semakin mengakibatkan lalu lintas menjadi tidak terkendali.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Teknologi

Internet sangat bermanfaat untuk manusia. Dengan kebebasan mengakses jaringan internet kita dapat dengan mudah tahu berbagai macam informasi di belahan dunia manapun. Disamping juga turut menjadikannya sebagai media informasi, internet juga digunakan sebagai suatu alat komunikasi untuk sebagian orang yang menggunakan aplikasi sosial media. Ada banyak hal yang ternyata bisa dijangkau hanya dengan satu kali klik saja menggunakan jasa internet sehingga tentu saja pada akhirnya masyarakat sangat terbantu dengan segala aspek kemudahan yang ditawarkan tersebut.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Keluarga

Sosok ibu sangat besar peranannya untuk sebuah keluarga. Sebagian besar orang juga pastinya setuju dengan pernyataan tersebut. Kita tak bisa melengkapi serta menyiapkan berbagai macam keperluan hidup tanpa bantuannya. Selama ini sebuah keluarga juga akan sangat bergantung pada peran seorang ibu. Mulai dari makanan, perlengkapan dan juga berbagai kebutuhan rumah biasanya dilakukan ibu tanpa mengeluh dimana hal ini tentu saja akan semakin membuat kita sadar untuk tidak membantah segala nasihat ibu dan juga berusaha benar – benar menghargai hal tersebut jauh lebih baik lagi.

Contoh paragraf deduktif tentang lingkungan Sekolah

Disiplin saat ini sudah menjadi salah satu permasalahan di lingkungan sekolah. Hal ini terjadi karena banyak siswa yang sering datang terlambat, terlebih beberapa hari ini saat digelar ujian tengah semester juga masih ada yang terlambat. Persoalan seperti ini kemudian dirapatkan oleh komite sekolah yang menghasilkan suatu kebijakan mengenai hukuman lari keliling lapangan jika selama ini terbukti ada yang terlambat lebih dari 10 menit.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Sosial Budaya

Kecelakaan akibat kelalaian kerja memang selama ini masih sering terjadi. Di sepanjang tahun 2016 bahkan tercatat sudah sekitar 15 orang meninggal karena mengalami kecelakaan kerja utamanya di pabrik – pabrik wilayah perkotaan. Korban meninggal tak hanya berasal dari lingkungan pekerja saja melainkan juga beberapa warga sipil yang tinggal di lingkungan pabrik turut serta menjadi korbannya. Insiden kecelakaan yang terjadi tersebut banyak penyebabnya mulai dari konsleting aliran listrik karena pekerja yang lupa tentang bagaimana harus mematikan arus listrik ketika meninggalkan pabrik dan berbagai penyebab yang lainnya.

Kalimat yang ditandai dengan huruf bercetak bold merupakan pemaparan bersifat umum dalam paragraph deduktif. Sementara kalimat – kalimat selanjutnya adalah suatu pemaparan yang bersifat khusus.

Jenis-Jenis Paragraf (Bedasarkan Letak Kalimat Utama)

contoh paragraf

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang dibedakan berdasarkan letak kalimat utamanya. Selain paragraf deduktif, paragraf yang dibedakan berdasarkan letak kalimat utamanya dibedakan menjadi beberapa aspek berikut ini :

Paragraf deduktif

ciri-ciri Paragraf deduktif

Paragraf deduktif merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan kalimat utama atau pokok paragraf, kemudian diikuti dengan berbagai kalimat penjelas yang lainnya. Ini diartikan bahwa kesimpulan atau kalimat utama paragraf terdapat di bagian awal paragraf. Selanjutnya hal ini akan dilanjutkan dengan kalimat – kalimat penjelas lain yang dapat semakin memperkuat kalimat utama yang bersangkutan. Paragraf deduktif ini hadir dengan mengikuti pola pernyataan umum ke suatu aspek yang lebih khusus.

Paragraf induktif

ciri-ciri Paragraf induktif

Paragraf induktif ini merupakan sebuah paragraf yang dimulai dengan adanya kalimat – kalimat penjelas kemudian diakhiri dengan kalimat utama atau pokok paragraf. Ini berarti bahwa kesimpulan atau kalimat utama dari paragraf terdapat di akhir paragraf. Di bagian awal paragraf terdapat berbagai kalimat penjelas lain sebelum nantinya ditutup oleh kalimat utama yang bersangkutan.

Sebuah paragraf induktif hadir dengan mengikuti suatu pola pernyataan khusus ke pernyataan yang jauh lebih umum. Mengenai seperti apa ciri – ciri paragraf induktif meliputi :

  • Sebuah paragraf yang dikatakan sebagai paragraf induktif merupakan sebuah paragraf yang diawali dengan berbagai penjelasan secara rinci dan khusus.
  • Penjelasan khusus kemudian digeneralisasikan menjadi suatu kesimpulan yang terdapat di bagian akhir paragraf.
  • Kalimat penjelas yang ada sebelum kalimat utama berupa contoh, fakta, suatu rincian khusus atau berupa berbagai macam bukti yang mendukung suatu pernyataan di bagian akhir kalimat.
  • Dalam kalimat ini pola pengembangan generalisasi merupakan suatu pola pengembangan kalimat dengan pernyataan secara khusus yang sangat mirip dengan pernyataan dengan kalimat yang paling utamanya.
  • Pola pengembangan kausalitas merupakan hubungan sebab akibat yang merupakan suatu pola pengembangan dengan memanfaatkan fakta untuk semakin menegaskan kesimpulan.
  • Pola pengembangan analogi merupakan pola pengembangan yang berusaha untuk membandingkan dua aspek yang memiliki kesamaan atas hal tersebut.

contoh paragraf induktif Tentang Lingkungan

  • Setelah banjir mengalami surut, anak – anak yang berhasil untuk dievakuasi kemarin diantar ke bagian pelayanan medis darurat dalam pemberian suatu pemeriksaan. Nyatanya kasus penyakit yang diderita anak – anak yang merupakan korban banjir bandang tersebut sudah cukup banyak dan beragam. Kurang lebih sebanyak 15 anak mengalami masalah diare akut, 2 anak mengalami penyakit kulit dan sisanya 4 anak dipastikan terkena demam berdarah. Bisa dikatakan juga bahwa banjir bandang yang melanda wilayah Denpasar minggu lalu membawa suatu dampak buruk untuk kesehatan anak korban banjir.

Paragraf campuran

ciri ciri paragraf campuran

Pengertian paragraf campuran merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan mengemukakan kalimat utama atau suatu paragraf pokok. Kemudian diikuti kalimat – kalimat penjelas lain dan diakhiri kembali dengan kalimat utama tersebut.

Didalam paragraf campuran, pokok kalimat utama suatu paragraf bisa ditemukan di bagian awal dan di bagian akhir paragraf. Kalimat utama yang terdapat di bagian akhir paragraf merupakan suatu bentuk kalimat penegasan yang berasal dari awal paragraf. Paragraf campuran sendiri merupakan gabungan dari paragraf deduktif dan juga paragraf induktif. Mengenai seperti apa ciri – cirinya, ciri – ciri paragraf campuran diantaranya :

  • Memiliki pola umum menuju ke khusus menuju penjelasan khusus dan diakhiri penjelasan umum (simpulan)
  • Kalimat utama pada bagian awal paragraf merupakan suatu kalimat pembuka.
  • Kalimat utama yang terdapat di bagian akhir paragraf merupakan suatu bentuk simpulan yang akan menekankan ide pokok yang terdapat di kalimat utama pada bagian awal.
  • Terdapat suatu pengulangan kata kunci di bagian awal dan di bagian akhir paragraf.

contoh paragraf campuran

Di era sekarang ini ada banyak jenis olahraga yang selama ini dikenal luas termasuk olahraga lari. Olahraga lari ini merupakan jenis olahraga yang memberikan suatu manfaat sangat besar bagi tubuh. Salah satu manfaat diantara sebagian besar manfaat lari adalah berusaha menjaga metabolism tubuh beserta sistem peredaran darah agar bisa semakin lancar. Selain itu olahraga lari sendiri dapat dilakukan tanpa perlu persiapan rumit seperti olahraga yang lain. Karenanya jangan heran kalau olahraga lari semakin banyak peminatnya oleh masyarakat.

Paragraf ineratif

ciri ciri paragraf ineratif

Pengertian paragraf ineratif adalah suatu jenis paragraf dimana tata letak dari kalimat utamanya terdapat di bagian tengah paragraf. Ini berarti paragraf diawali dengan kalimat penjelas, kemudian di tengah masuk menuju kalimat utama dan dilanjutkan kembali oleh kalimat penjelas yang lainnya. Sebuah paragraf ineratif bisa menjadi kebalikan dari paragraf campuran.

Contoh paragraf ineratif :

Dengan Anda membaca buku, kita tentu bisa semakin menguasai ilmu pengetahuan. Buku sendiri merupakan gudangnya ilmu. Dengannya kita bisa tahu banyak informasi di bidang apa saja dari sebuah buku. Orang yang tidak bersekolah bahkan bisa pandai karena banyak membaca buku. Ia juga mampu menyerap berbagai macam informasi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan orang – orang yang bersekolah akan tetapi malas membaca buku.

Paragraf menyebar

jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama

Paragraf yang dikatakan sebagai paragraf menyebar merupakan suatu jenis paragraf yang tidak memiliki suatu kalimat utama sebagai bagian pokok dari sebuah paragraf. Pikiran utama paragraf menyebar yang terdapat di semua paragraf tersirat pada masing – masing kalimat penjelas yang ada.

Jenis – Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuannya

paragraf narasi

Ada berbagai macam jenis paragraf berdasarkan tujuannya. Tujuan jenis – jenis paragraf berdasarkan tujuannya meliputi :

Paragraf narasi

Paragraf narasi merupakan sebuah paragraf yang menceritakan mengenai suatu kejadian atau suatu peristiwa. Didalam paragraf narasi ini dapat Anda temukan suatu alur cerita, tokoh, setting, konflik, serta juga sekaligus latar yang diceritakan.

Ciri-ciri Paragraf Narasi

Paragraf narasi merupakan suatu paragraf yang memiliki berbagai macam ciri. Paragraf narasi memiliki beberapa ciri dimana ciri – ciri paragraf narasi tersebut diantaranya adalah sebuah peristiwa dan juga kejadian beserta tempat, perilaku dan juga waktu kejadian yang terjadi secara kronologis.

Paragraf deskripsi

Pengertian dari paragraf deskripsi adalah suatu paragraf yang hadir menggambarkan tentang suatu objek dengan rinci dan secara jauh lebih mendetail. Dengan demikian pembaca seolah – olah dapat melihat, mendengarkan atau merasakan suatu objek yang sedang digambarkan tersebut.

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi juga merupakan sebuah paragraf yang memiliki berbagai macam ciri. Ciri – ciri paragraf deskripsi diantaranya terdapatnya objek yang digambarkan bisa berupa orang, benda, tempat atau suatu objek lain yang bisa dideskripsikan nantinya.

Paragraf eksposisi

Paragraf eksposisi merupakan suatu paragraf yang dapat memberikan suatu informasi tentang teori, langkah – langkah, cara, petunjuk dan juga teknik dalam melakukan sesuatu hal. Pembaca nantinya akan memberikan informasi tentang wawasan baru dari tulisan yang ada tersebut. Sebuah paragraf eksposisi memberikan berbagai macam informasi, petunjuk atau teori yang dibagikan untuk menambah wawasan dan juga bacaannya biasanya bersifat ilmiah, factual dan juga bersifat objektif.

Paragraf persuasif

Pengertian dari paragraf persuasif merupakan suatu paragraf yang tujuannya adalah untuk membujuk, menghimbau, memberikan pengaruh dan mengajak setiap pembacanya untuk melakukan segala sesuatu. Jadi setelah membaca paragraf tersebut, pembaca akan merasa dipengaruhi dalam melakukan berbagai hal yang diinformasikan didalamnya. Paragraf persuasif hadir berbagai macam ciri.

Ciri-ciri Paragraf Persuasif

Ciri – ciri paragraf persuasif merupakan kata – kata bujukan atau ajakan seperti ayo atau mari dan juga terdapat penjelasan keuntungan dan alasan dari berbagai macam aspek yang sudah diinformasikan didalamnya.

Paragraf argumentasi

Sebuah paragraf argumentasi merupakan suatu paragraf yang didalamnya berisi tentang informasi mengemukakan suatu pendapat dan juga argumentasi beserta alasannya yang berdasarkan pada aspek sudut pandang penulis.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Tujuan dari paragraf argumentasi sendiri adalah untuk meyakinkan para pembaca tentang berbagai argumentasi yang sebelumnya sudah dibahas. Ciri – ciri dari paragraf argumentasi merupakan suatu kalimat yang bersifat ilmiah dan subjektif dimana kesimpulan dan keterangan bukti sudah dilengkapi dasar alasan secara logis.

Jenis – Jenis Paragraf Berdasarkan Fungsinya

contoh paragraf

Setelah kita membahas deduktif adalah dan berbagai jenis paragraf berdasarkan tujuannya, ternyata paragraf juga hadir didasarkan pada fungsinya. Paragraf berdasarkan fungsinya terbagi ke dalam beberapa aspek berikut ini, diantaranya :

Paragraf pembuka

Paragraf pembuka memiliki berbagai arti. Pengertian paragraf pembuka merupakan suatu jenis paragraf yang menjadi pembuka dari sebuah bacaan. Didalam suatu jurnal, makalah, tulisan atau sebuah artikel, fungsi dari hadirnya paragraf pembuka adalah menjadi suatu pengantar di awal tentang isi dari bacaan yang ada.

Paragraf pembuka sendiri cukup penting karena harus mengandung berbagai pengantar tentang apa yang akan dibaca pada paragraf – paragraf yang berikutnya. Dengan begini pembaca lebih tertarik untuk membaca sampai di akhir.

Paragraf penghubung

Pengertian dari paragraf penghubung merupakan suatu jenis paragraf yang menjadi penghubung antara paragraf pembuka beserta paragraf penutup. Didalam paragraf penghubung ini juga dijelaskan tentang inti dari artikel atau suatu bacaan secara lebih rinci dan lebih mendetail. Paragraf penghubung juga bisa dibilang menjadi inti dari sebuah bacaan dimana segala sesuatu terkait inti serta wacana dari sebuah karya terdapat pada paragraf penghubung ini.

Paragraf penutup

Pengertian paragraph penutup merupakan suatu jenis paragraf yang menjadi penutup dari sebuah bacaan. Didalam suatu jurnal, makalah, artikel atau tulisan fungsi dari paragraf penutup ini menjadi suatu kesimpulan atau berisi mengenai berbagai macam ringkasan dari bacaan yang bersangkutan.

Peran dari paragraph penutup menjadi suatu akhir dari sebuah bacaan yang disajikan. Biasanya paragraf penutup sendiri hadir berupa suatu ringkasan kembali dari apa yang telah dibaca. Kesimpulan yang secara singkat ini ada atau harapan dan terdapat juga kolom komentar lain dari penulisnya.

Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang penjelasan paragraf secara umum dan pengertian deduktif adalah dan contoh paragraf deduktif, menjadi informasi yang bermanfaat lagi menginspirasi Anda. Semoga semakin menambah cakrawala Anda.