Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Manfaatnya

By | October 24, 2018

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional –  Hubungan antar negara menjadi hubungan yang sangat penting dipelihara antar negara. Dengan menjalin hubungan yang baik tentunya masing – masing negara dapat bekerjasama satu dengan yang lainnya. Salah satu hubungan antar negara yang sangat penting dijalin adalah hubungan perdagangan atau yang sering kita sebut dengan perdagangan internasional.

Perdagangan internasional secara istilah merupakan suatu kegiatan jual beli yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain baik hanya dilakukan oleh dua negara ataupun lebih. Perdagangan internasional sendiri dilakukan dengan berbagai macam tujuan salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi negara serta mendapatkan keuntungan dari selisih labanya. Ada banyak faktor yang menjadi pendorong perdagangan internasional. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda mengenai apa saja faktor pendorong perdagangan internasional yang penting Anda  tahu! simak dulu yuk video berikut ini !!

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

berikut ini beberapa faktor yang jadi pendukung perdagangan internasional, untuk lebih jelasnya simak uraian di bawah ini

1. Dorongan untuk memenuhi kebutuhan yang ada didalam negeri

Salah satu faktor pendorong perdagangan internasional yang utama dan pertama adalah karena negara ingin memenuhi kebutuhannya didalam negeri. Tak dapat dipungkiri bahwa sebenarnya kebutuhan manusia antara satu dengan yang lain tidak sama. Sementara di sebuah negara rakyatnya banyak sehingga bisa dibayangkan betapa beragamnya kebutuhan setiap manusia dalam sebuah negara. Sementara negara tidak mesti bisa memenuhi semua kebutuhan rakyat yang beragam tersebut. Dengan beragamnya kebutuhan yang dimiliki masing – masing orang tersebut sementara kapasitas sebuah negara untuk memenuhinya tidak mencukupi maka dari itu perdagangan internasional diberlakukan.

Ketika suatu negara mendatangkan barang dari luar negeri maka hal tersebut disebut dengan impor akan tetapi ketika suatu negara memasarkan produk dari dalam negeri ke luar negeri dalam hal ini negara tersebut yang mensuplai kebutuhan untuk negara yang lainnya maka kegiatan tersebut dinamakan ekspor. Hal ini akan tentu sangat membantu pemenuhan kebutuhan dalam negeri karenanya hubungan internasional yang semacam ini akan menjadi dua timbal balik yang sama – sama saling menguntungkan.

2. Perbedaan kekayaan sumber daya alam antar negara

Negara yang satu dengan negara yang lain tentunya memiliki perbedaan sumber daya alam. Hal ini menjadi penyebab terjadinya perdagangan internasional. Pada akhirnya kekayaan alam pada suatu negara akan menjadi komoditi dari negara tersebut yang berpotensi menguntungkan. Komoditi tersebut pada akhirnya bisa memenuhi kebutuhan tidak hanya didalam negeri melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan di luar negeri.

Semisal seperti Indonesia yang memiliki produksi kopi robusta terbaik sementara negara yang lain membutuhkan jenis kopi yang sama. Produksi kopi robusta Indonesia tersebut tak hanya bisa digunakan mencukupi kebutuhan kopi robusta masyarakat dalam negeri saja melainkan juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kopi robusta untuk masyarakat luar negeri dengan pengadaan ekspor impor.

3. Perbedaan selera

Faktor pendorong perdagangan Internasional yang selanjutnya adalah perbedaan selera. Selera ini tentu merupakan urusan pribadi setiap orang sehingga kemungkinan besar satu orang dengan orang yang lain akan memiliki selera yang cenderung berbeda – beda. Semisal, seseorang yang menyukai busana atau fashion dengan brand luar negeri daripada didalam negeri. Jika orang – orang memiliki selera fashion sedemikian rupa tentu pada akhirnya kebutuhan mereka bukan tentang item fashion didalam negeri melainkan kebutuhan mereka adalah item fashion dari luar negeri sehingga secara otomatis akan mendorong terjadinya hubungan perdagangan internasional antar negara guna mendatangkan produk fashion luar negeri yang diberikan kepada mereka yang mencintai item fashion luar negeri tersebut.

4. Perbedaan iklim

Perbedaan iklim di masing – masing negara tentu akan berakibat bagi produksi sumber daya alam yang juga pada akhirnya memiliki perbedaan. Selain itu datangnya musim antar negara yang satu dengan negara yang lain juga tidaklah sama. Dengan adanya hal ini tentu saja jelas akan menimbulkan adanya suatu perdagangan internasional pada akhirnya. Semisal iklim Indonesia yang menjadi penyebab negara kita banyak memproduksi rempah – rempah dan kemudian banyak diekspor ke Eropa karena benua Eropa akan mengalami musim dingin sehingga pada akhirnya orang – orang sangat butuh dengan rempah – rempah tersebut. Kegunaannya tentu tidak lain adalah untuk menghangatkan tubuh mereka di musim dingin ketika sedang berlangsung.

Sementara di Indonesia tidak akan mengalami musim dingin sehingga rempah – rempah di Indonesia tentu akan sangat berguna bagi orang – orang yang ada di benua Eropa. Dengan begitu orang – orang Eropa akan membeli produk rempah – rempah ke Asia dan kemudian terjadi perdagangan internasional antara kedua negara tersebut karena benua Eropa tidak menghasilkan rempah sementara benua Indonesia menghasilkan rempah – rempah yang dibutuhkan oleh benua Eropa ketika rempah tidak bisa dihasilkan di benua Eropa pada waktu musim dingin sedang berlangsung.

5. Keinginan untuk melakukan ekspansi pasar dan menambah keuntungan

Salah satu faktor yang mendorong negara mau melakukan perdagangan internasional, salah satunya tidak akan lepas dari unsur ekonomi. Seperti yang selama ini kita tahu bahwa yang namanya jual beli pastinya ada keuntungan dan kerugiannya. Keuntungan ini merupakan salah satu dari beberapa faktor pendorong perdagangan internasional antara dua negara yang saling terkait satu dengan yang lainnya.

Dengan melebihkan ekspor dari kegiatan yang lain termasuk impor maka sebuah negara bisa mendapatkan pemasukan atau keuntungan yang jauh lebih banyak untuk negaranya. Keuntungan yang satu ini merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan terjadinya perdagangan internasional.

6. Keinginan untuk mendapatkan keuntungan serta meningkatkan pendapatan sebuah negara 

Keinginan dalam sebuah negara untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih banyak demi mendapatkan adanya peningkatan ekonomi dan pendapatan sebuah negara termasuk juga ke dalam salah satu faktor pendorong perdagangan internasional. Dengan melakukan suatu upaya perdagangan ke berbagai pihak tentu saja keuntungan yang bisa didapatkan negara akan semakin bertambah. Hal ini tentu saja akan berakibat pada kenaikan pendapatan suatu negara tersebut sehingga dengan demikian suatu negara akan semakin bertambah kaya seiring dengan adanya suatu peningkatan pendapatan dari negara yang bersangkutan.

7. Adanya kelebihan produk didalam negeri

Salah satu faktor yang menjadi pendorong terjadinya perdagangan internasional adalah terdapatnya suatu kelebihan dari produk didalam sebuah negara. Hal ini juga karena adanya pemenuhan kebutuhan tentang suatu barang atau sebuah produk yang sudah dirasa cukup. Setelah kecukupan tersebut pada akhirnya sebuah negara dapat mengekspor barang tersebut ke negara yang lain sehingga sebuah negara juga akan mendapatkan gantinya termasuk yang berupa keuntungan. Barang ini juga dapat menjadi sebuah komoditi utama dari negara – negara yang bersangkutan.

8. Keinginan melakukan kerjasama, hubungan politik dan kegiatan sejenisnya

Melalui suatu hubungan perdagangan pada akhirnya sebuah negara dapat menciptakan hubungan baru dengan negara yang lain. Keinginan seperti ini yang juga mendasar pada sebuah negara mau melakukan upaya – upaya perdagangan internasional dengan negara yang lain tentu akan memberikan berbagai sisi positif pada negara yang bersangkutan. Hal ini juga yang kemudian menjadi sebuah aspek sangat menguntungkan jika kita melakukan adanya suatu langkah kerja sama dengan negara lain yang jauh lebih maju dari berbagai macam sisi. Negara kita akan mendapatkan berbagai macam manfaat dari hubungan yang sudah terjalin tersebut.

9. Terjadinya era globalisasi

Agar mampu bertahan pada era globalisasi seperti sekarang ini tentu suatu negara mau tidak mau harus dituntut agar negara yang bersangkutan memiliki suatu sisi ekonomi yang jauh lebih maju. Dengan demikian suatu negara harus melakukan suatu hubungan internasional termasuk juga didalamnya merupakan suatu hubungan dagang didalam perdagangan internasional itu sendiri.

10. Ingin mendapatkan dukungan dari negara lainnya

Salah satu faktor pendorong perdagangan internasional suatu negara yang lainnya adalah mau melakukan hubungan dagang dengan negara yang lain. Hal ini juga penting dimaksudkan agar nantinya negara mendapatkan dukungan dari negara yang lain khususnya negara mitra dagang dalam berbagai macam urusan. Hal ini tentu akan menjadi sebuah aspek dan elemen yang benar – benar penting terlebih bagi suatu negara yang memang seringkali mendapatkan sengketa dengan negara sebelahnya.

Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Sebuah Negara

Manfaat Perdagangan Internasional

Setelah kita membahas semua hal – hal yang ada kaitannya dengan faktor pendorong perdagangan internasional, kita akan membahas tentang manfaat secara lebih spesifik dari adanya perdagangan internasional yang dilakukan sebuah negara dengan negara yang lain.

Manfaat perdagangan internasional Secara Umum

Manfaat perdagangan internasional

Pemenuhan kebutuhan

Manfaat umum dari adanya perdagangan internasional antara sebuah negara dengan negara yang lain adalah adanya manfaat pemenuhan kebutuhan. Sebuah negara dengan melakukan hubungan perdagangan internasional berpotensi memenuhi semua kebutuhan barang – barang dari negara yang bersangkutan terlebih dimana barang – barang yang dibutuhkan tersebut merupakan barang yang tidak bisa diproduksi dalam negeri. Beberapa faktor yang menyebabkan sebuah negara bisa memproduksi suatu barang sementara negara yang lain tidak bisa memproduksi barang dengan jenis dan kategori yang sama diantaranya karena perbedaan iklim, geografi, tingkat  penguasaan iptek dan faktor – faktor yang lainnya.

Mendapatkan keuntungan

Walau terkadang beberapa negara dapat memproduksi jenis barang yang sama akan tetapi ada kalanya juga lebih baik jika negara yang bersangkutan melakukan impor dari luar negeri untuk mendapatkan suatu produk karena kualitas dari sebuah produk antara negara yang satu dengan negara yang lain tidaklah sama walau untuk produk yang sama. Hal ini menjadi adanya manfaat ketika adanya sebuah organisasi PBB dalam sebuah negara untuk menjalin kerjasama termasuk kerjasama yang dilakukan di bidang ekonomi yang saling terkait dan juga saling menguntungkan antara negara yang satu dengan negara yang lain.

Semakin melakukan perluasan pasar perdagangan

Ada kalanya para pengusaha akan merasa sangat khawatir untuk melakukan produksi barang – barang dalam jumlah yang besar dengan sebuah kondisi pasar yang tidak memadai. Hal ini kemudian akan mengakibatkan adanya suatu penurunan harga barang dan juga berpotensi menyebabkan sebuah negara akan mengalami kerugian. Manfaat perdagangan internasional, pengusaha tidak perlu khawatir untuk memproduksi barang secara maksimal karena mereka dapat menjual produk – produk mereka bahkan sampai di luar negeri.

Adanya suatu transfer teknologi secara lebih modern

Manfaat secara umum perdagangan internasional yang dilakukan dalam sebuah negara juga sangat memungkinkan bagi sebuah negara tersebut agar mereka bisa belajar tentang teknik dan juga manajemen produksi suatu barang yang jauh lebih efisien dan jauh lebih modern dari negara – negara yang lain. Termasuk juga salah satunya manfaat internet yang sekarang ini sudah membuka jalan – jalan perdagangan lintas benua baru melalui adanya online shop.

Manfaat perdagangan internasional di bidang ekonomi

Manfaat perdagangan internasional di bidang ekonomi

Manfaat perdagangan internasional dalam bidang ekonomi juga melalui berbagai macam kondisi diantaranya meliputi :

Memenuhi kebutuhan didalam negeri

Sebuah negara seperti seorang manusia dimana dia membutuhkan orang lain untuk kelangsungan hidupnya. Dengan adanya suatu kerjasama yang dilakukan dengan yang lain, hal ini juga dapat membantu memenuhi berbagai macam kekurangan didalam diri seseorang. Seperti semisalnya manfaat organisasi yang sudah diajarkan di sekolah untuk menciptakan kerjasama tim tentunya memiliki manfaat yang sangat besar dalam kehidupan orang yang bersangkutan. Demikian dengan manfaat perdagangan internasional bisa menjadikan sebuah negara yang belum bisa memenuhi suatu kebutuhan barang warga negaranya sangat dimungkinkan untuk dipenuhi oleh negara yang lain sehingga rasa bantu membantu bisa terjalin.

Menambah kemakmuran suatu negara

Perdagangan internasional dapat membantu menaikkan pendapatan suatu negara dimana hal ini juga penyebabnya adalah adanya hubungan timbal balik antar negara dimana negara yang sudah memiliki kelebihan produksi barang akan menjual berbagai macam produk yang sudah dihasilkan untuk negara lain yang lebih membutuhkan.

Membantu menambah lapangan pekerjaan

Manfaat dari perdagangan internasional yang lain dalam sebuah negara adalah dapat menambah jumlah produksi suatu barang dimana nantinya dapat diekspor ke negara – negara yang lain. Jika memang ada kenaikan produksi, nantinya kenaikan produksi tersebut bisa berakibat pada pertambahan kebutuhan tenaga kerja sehingga akan semakin memperluas jumlah kesempatan kerja.

Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi

Perdagangan internasional dapat berdampak pada minat produsen untuk bisa meningkatkan mutu suatu produk. Persaingan didalam perdagangan internasional sendiri nantinya juga dapat mendorong negara – negara dari pengekspor agar nilai suatu produk bisa memiliki keunggulan dari negara yang lain yaitu salah satunya adalah dengan memanfaatkan produk – produk IT yang sudah ada di sekitar.

Menambah pundi – pundi devisa negara

Ada banyak negara yang jauh lebih mengandalkan sumber devisa yang berasal dari manfaat pajak ataupun perdagangan internasional saat ini dibandingkan mengandalkan pemasukan negara dari bidang yang lainnya.

Efisiensi produk

Perdagangan internasional bisa membantu sebuah negara agar dapat memenuhi angka kebutuhan suatu produk yang sebenarnya tak dapat dihasilkan oleh negeri yang bersangkutan itu sendiri.

Manfaat perdagangan internasional di bidang sosial

Manfaat perdagangan internasional di bidang sosial

Di bidang sosial, manfaat perdagangan internasional yang Anda perlu tahu diantaranya meliputi :

Membantu mencegah terjadinya potensi krisis

Di samping mendapatkan keuntungan secara financial, perdagangan internasional juga memiliki fungsi dalam berbagai bidang. Sebagai contoh adalah ketika terjadi sebuah krisis pangan yang nantinya berdampak pada terjadinya suatu krisis secara ekonomi, maka negara penghasil beras akan melakukan ekspor beras tersebut ke negara yang sedang mengalami krisis pangan.

Menjalin hubungan erat antar dua negara atau lebih

Saat ini sudah banyak yang bermunculan berbagai perusahaan yang dimana beberapa sahamnya dimiliki oleh beberapa pengusaha yang memang berasal dari berbagai negara. Hal ini juga akan bermanfaat untuk semakin mempererat hubungan antar dua negara atau lebih tersebut.

Manfaat perdagangan internasional di bidang keamanan dan politik

Manfaat perdagangan internasional di bidang keamanan dan politik

Perdagangan internasional antar satu negara dengan negara yang lain juga dapat memberikan manfaat diantaranya meliputi :

  • Suatu negara yang akan mengembangkan senjata nuklir dimana dapat dikenakan sanksi ekonomi yaitu dengan tidak diperbolehkan bagi negara – negara yang lain untuk menjalin hubungan dagang dengan negara yang bersangkutan. Upaya seperti ini menjadi salah satu tindakan pencegahan terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan antar negara yang satu dengan yang lain agar keamanan global bisa tercipta. Sehingga jika ada negara yang akan melakukan hal tersebut harus berada dibawah persetujuan PBB secara mutlak.
  • Dengan adanya perdagangan internasional, suatu negara dapat melakukan impor sistem persenjataan yang tidak dapat diproduksi didalam negeri.
  • Membantu mencegah perdagangan barang ilegal seperti halnya senjata gelap, obat – obatan terlarang, hewan langka, ternak yang berpotensi membawa penyakit menular dan sebagainya.
  • Perdagangan internasional dapat menjadi suatu ajang untuk saling mempererat hubungan politik antar negara sehingga dapat menjalin persahabatan antara yang satu dengan yang lainnya.

Demikian berbagai faktor pendorong perdagangan internasional dan manfaatnya yang Anda harus tahu. Semoga menambah informasi dan cakrawala kita semua dan menjadikan kita semakin berwawasan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.