Pengertian Iman Kepada Malaikat dan Hukumnya

Dalam islam kita mengenal adanya rukun islam dan rukun iman. Secara spesifik, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rukun iman khususnya pengertian iman kepada malaikat. Ya, dalam rukun iman kita harus beriman kepada 6 aspek diantaranya yaitu iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab – kitab Allah, iman kepada rasul Allah, iman kepada hari akhir, serta iman kepada qadha dan qadar.

Semuanya harus kita imani karena sudah merupakan kewajiban untuk mengimaninya sebagai umat Islam. Iman kepada malaikat menduduki relevansi kedua yang artinya beriman kepada malaikat sangat penting setelah beriman kepada Allah. Kemudian diikuti dengan iman – iman kepada yang lainnya. Lantas bagaimana pengertian iman kepada malaikat dan seperti apa hukumnya dalam agama Islam yang dirahmati Allah ini?

Pengertian Iman Kepada Malaikat

arti iman kepada malaikat

Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang bersifat gaib yang diciptakan dari nur (cahaya). Malaikat merupakan makhluk Allah yang tidak memiliki hawa nafsu sebagaimana manusia sehingga malaikat akan selalu taat, tunduk, patuh terhadap Allah dan tidak pernah ingkar janji serta tidak membutuhkan makan dan minum.

Malaikat menghabiskan waktu di siang dan malamnya untuk mengabdi hanya kepada Allah SWT. Malaikat tentunya diciptakan Allah SWT bukan tanpa maksud dan tujuan. Malaikat diciptakan Allah SWT dengan sifat dan ciri – ciri yang berbeda dengan manusia. Malaikat merupakan makhluk yang tidak berwujud, tidak dapat disentuh, dilihat dan didengar.

Pengertian iman kepada malaikat Allah adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menciptakan malaikat sebagai makhluk gaib yang telah diutus untuk melaksanakan segala perintah-Nya.

Manusia yang mengamininya akan senantiasa berhati – hati dan menjaga dirinya didalam berkata – kata dan berbuat segala sesuatu didalam kehidupan sehari – harinya. Karena mereka sadar bahwa malaikat selalu ada dan senantiasa mencatat segala amal perbuatan yang dilakukan baik buruk ataukah baik.

Fungsi dan Manfaat Beriman Kepada Malaikat

fungsi Beriman Kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat Allah memiliki fungsi dan hikmah. Fungsi beriman kepada malaikat Allah diantaranya :

1. Meningkatkan ketaatan

Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang taat. Karenanya dengan beriman kepada malaikat Allah dan meyakininya secara penuh, manusia bisa mendorong dirinya sendiri untuk senantiasa mendekatkan diri dan selalu berusaha disiplin terhadap Allah SWT. Karena amal perbuatan yang dilakukan mencontoh dari malaikat Allah SWT yang selalu taat.

2. Berusaha meningkatkan amal ibadahnya

Memang benar adanya bahwa ada malaikat Allah yang diciptakan untuk mencatat amal ibadah yaitu malaikat Rakib dan Atit yang akan mencatat amal baik dan buruk yang dilakukan manusia. Dengan senantiasa mengingat hal ini maka bisa mendorong manusia untuk senantiasa berbuat baik didalam meningkatkan amal ibadahnya sehingga tidak masuk ke neraka.

4. Meningkatkan rasa sabar

Iman berarti percaya secara bahasa. Di saat kita sudah melakukan berbagai macam usaha dengan keras akan tetapi masih belum juga terlihat hasil yang diberikan maka kemudian kita harus tetap percaya dengan Allah SWT jika kerja keras yang sudah kita lakukan pastinya akan terbayar dengan tuntas nantinya. Walaupun tidak diberikan apa yang kita harapkan saat itu juga.

5. Menjaga sikap manusia

Salah satu tugas malaikat ada yang mengawasi setiap apa yang manusia kerjakan.Ssehingga manusia akan senantiasa bertindak dengan lebih berhati – hati jika mereka beriman kepada malaikat. Sehingga manusia yang beriman kepada malaikat dengan kesadaran bahwa ada yang mengawasi setiap gerak – geriknya juga akan terhindar dari adanya perbuatan dosa yang malah menjerumuskan nantinya.

6. Menerima rezeki yang sudah diberikan

Dengan beriman, maka kita bisa dengan mudah ikhlas dan merasa bersyukur terhadap apa yang telah diberikan atau kita berikan kepada orang yang lain. Hal ini karena memang segala amal perbuatan kita akan dicatat oleh malaikat dan tidak akan pernah luput sekalipun atau bahkan sedetik saja.

7. Senantiasa bertakwa kepada Allah SWT

Mampu memberikan suatu dorongan untuk mengingat mati atau kehidupan setelah mati. Dengan beriman kepada malaikat secara tidak langsung juga akan meningkatkan rasa keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sehingga kita sebisa mungkin akan berusaha mempersiapkan bekal untuk kehidupan yang akan diarungi setelah kematian.

8. Menambah rasa iman kepada Allah SWT

Membantu meningkatkan iman dan keyakinan kepada Allah SWT. Jadi jika Allah SWT tidak hanya menciptakan makhluk yang nyata saja. Melainkan Allah SWT juga turut serta menciptakan makhluk gaib atau makhluk yang tidak tampak oleh manusia.

9. Membantu meningkatkan sikap yang terpuji

Selain sebagai manusia kita harus bersabar, bersyukur dan ikhlas akan tetapi dengan adanya rasa keimanan kepada Allah SWT juga bisa mendorong rasa terpuji dalam diri manusia. Hal ini dimaksudkan agar manusia senantiasa berusaha tawakal dalam menghadapi berbagai macam cobaan dan juga rintangan didalam kehidupan.

10. Berusaha meniru sifat yang dimiliki oleh malaikat

Salah satu sifat dari malaikat yaitu senantiasa tunduk dan bersikap patuh terhadap semua perintah Allah SWT serta juga harus berusaha untuk senantiasa menjauhi segala larangan dari Allah SWT. Dengan beriman kepada malaikat Allah SWT tentu kita juga akan senantiasa belajar dari sifat – sifat yang dimiliki oleh malaikat sehingga secara tidak langsung kita juga akan terarahkan untuk memiliki sifat yang seperti itu dalam menjalani kehidupan.

11. Senantiasa mawas diri

Manusia berusaha agar senantiasa berhati – hati didalam menjalani hidup di dunia ini. Hal ini karena sudah terdapat rasa percaya bahwa apapun yang dilakukan dicatat oleh malaikat pencatat amal baik dan buruk. Dengan begitu manusia akan senantiasa waspada dan mawas diri sehingga tidak akan terjerumus ke dalam perbuatan yang memang tidak Allah SWT ridhoi.

12. Memiliki rasa takut akan pertanggungjawaban kelak di alam kubur

Manusia bisa mengingat akan takutnya pertanggungjawaban kelak yang akan didapat di alam kubur. Dimana pada saat itu manusia akan ditanyai oleh malaikat munkar dan juga nakir. Karena itu kehidupan akan jauh lebih terarah dengan rasa iman kepada malaikat Allah SWT.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah

iman kepada malaikat allah

Beriman kepada malaikat Allah memberikan berbagai macam hikmah. Adapun hikmah beriman kepada malaikat Allah diantaranya meliputi :

  • Semakin yakin tentang kebesaran dari Allah SWT.
  • Bersyukur kepada Allah SWT karena telah menciptakan malaikat demi membantu segala kehidupan dan kepentingan manusia.
  • Cinta kepada malaikat karena memiliki rasa dekat dengan Allah sehingga akan meneladani sifat dan sikap taatnya malaikat kepada Allah sehingga juga turut meningkatkan ibadah sehari – harinya.
  • Memiliki ketaqwaan dan beriman kepada Allah SWT serta senantiasa berlomba – lomba dalam hal kebaikan.
  • Membantu meningkatkan keimanan untuk mengikuti sifat dan perbuatan malaikat.
  • Selalu berpikir dan bersikap hati – hati setiap melakukan suatu perbuatan karena perbuatan yang baik atau yang buruk akan senantiasa dipertanggungjawabkan di akhirat nantinya.
  • Membantu meningkatkan kadar keimanan manusia kepada Allah, senantiasa mengingat malaikat karena malaikat merupakan salah satu ciptaan Allah.
  • Membentuk jiwa seorang muslim yang benar – benar memiliki ketakwaan kepada Allah SWT karena iman kepada Allah dan iman kepada malaikat sebenarnya merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan satu sama lain.
  • Mendorong manusia untuk senantiasa bertindak lebih hati – hati karena dia sadar bahwa setiap perbuatannya senantiasa diawasi oleh para malaikat.
  • Mendorong manusia untuk senantiasa meningkatkan amal baik karena manusia juga sadar bahwa sekecil apapun tindakan baik yang dia lakukan bahkan walau hanya sebiji zarah sekalipun akan senantiasa diperhitungkan dan dicatat oleh malaikat.
  • Belajar dari malaikat untuk senantiasa menjalankan apa yang diemban tanpa bersikap acuh atau melalaikan tugas.

Dalil-dalil Untuk Beriman Kepada Malaikat

dalil Beriman Kepada Malaikat

Beriman atau percaya bahwa malaikat Allah SWT itu ada dan meneladaninya hukumnya fardhu ain. Ini merupakan salah satu rukun iman yang ke dua. Hal ini didasarkan juga dari beberapa sumber al-quran dan hadist sebagai berikut ini :

Al-Qur’an Surat Al-Baqarah (2) : 285

Didalam surat al-baqarah juga disebutkan tentang iman kepada malaikat yang artinya :

Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkannya kepadanya (Al-quran) dari Tuhannya. Demikian juga orang – orang yang beriman. Semua akan beriman kepada Allah, malaikat – malaikat-Nya, kitab – kitab-Nya, rasul – rasul-Nya dan mereka berkata “Kami tidak akan membeda – bedakan seseorang pun dari rasul – rasul-Nya” dan mereka juga berkata “kami dengar dan kami taat, ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepadaMu tempat kami kembali”

Al-Qur’an Surah Fathir (35) : 1

Didalam Qs. Fathir (35) artinya :

Segala puji bagi Allah pencipta langit dan bumi yang menjadikan malaikat sebagai utusan – utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang juga memiliki sayap masing – masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaanNya apa yang Dia kehendaki. Sungguh Allah maha kuasa atas segala sesuatu.

Al-Qur’an Surat An-Nisa (4) : 136

Didalam Qs. An-Nisa (4) : 136 memiliki arti :

Wahai orang – orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah SWT dan rasulnya (Muhammad) dan kepada kitab (Al-quran) yang diturunkan kepada Rasul – rasul-Nya, serta kitab – kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat – malaikat-Nya, kitab – kitab-Nya dan juga rasul – rasul-Nya, serta di hari akhir (hari kiamat) maka sungguh orang tersebut telah tersesat sangat jauh”

Hadis Riwayat Imam Muslim

Didalam Hr Imam Muslim disebutkan bahwa Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah bersabda : “Allah menciptakan Adam dalam bentuknya setinggi enam puluh hasta. Setelah menciptakannya, Allah berkata : Pergilah dan ucapkanlah salam kepada kelompok tersebut, yaitu pada beberapa malaikat yang sedang duduk, kemudian dengarkanlah apakah jawaban mereka karena itulah ucapan selamat untukmu dan keturunanmu. Maka kemudian Adam pergi menghampiri dan selanjutnya mengucapkan : “Semoga keselamatan menyertai kalian”. Mereka menjawab : “Semoga keselamatan dan rahmat Allah menyertai kalian”. Mereka menambahkan “Rahmad Allah” maka setiap orang yang memasuki surga itu seperti bentuk Adam yang tingginya enam puluh hasta. Seluruh makhluk setelah Adam terus berkurang tingginya sampai sekarang.

Cara Beriman Kepada Malaikat yg Harus Kita Lakukan

Iman Kepada Malaikat

Setelah kita membahas tentang pengertian iman kepada malaikat beserta fungsinya kita akan belajar tentang bagaimana sih cara beriman kepada malaikat yang bisa dilakukan kita sebagai umat manusia. Sebenarnya cara sederhana untuk beriman kepada malaikat adalah dengan mengenal serta mengetahui sifat dan tugas – tugasnya.

Sifatnya seperti malaikat tidak makan, tidak minum dan tidak tidur. Mereka juga tidak memiliki hawa nafsu sebagaimana kita sebagai seorang manusia yang hanya menghabiskan waktu untuk mengabdi kepada Allah SWT.

Malaikat memiliki sayap yang jumlahnya berbeda – beda dan juga bisa menampakkan diri sebagai manusia jika memang diperintahkan. Dalam makalah iman kepada malaikat yang dilansir dari web Academia juga turut menjabarkan bahwa malaikat bisa bergerak secepat kilat, Tidak memiliki jenis kelamin dan merupakan hamba Allah yang begitu dekat. Bahkan bisa dikatakan sebagai hamba Allah yang paling dekat di Arsy Allah.

Tugas-tugas Malaikat Allah

pekerjaan Malaikat

Mengenai tugas – tugas malaikat sebenarnya ada banyak dan tentunya tugas seorang malaikat ini sangat beragam. Karena itu Allah SWT menciptakan malaikat dengan jumlah yang sangat banyak dan nyaris tak terhingga. Sebagai contoh malaikat penjaga, malaikat pemohon ampunan, malaikat pendengar, malaikat pencatat amal dan masih banyak yang lainnya. Dari jumlah malaikat yang sangat banyak ini terdapat 10 malaikat utama yang memiliki tugas khusus dan wajib dikenal nama dan juga tugasnya. Diantaranya 10 malaikat utama tersebut diantaranya :

  • Malaikat Jibril merupakan malaikat Allah yang memiliki tugas sebagai penyampai wahyu Allah SWT.
  • Malaikat Mikail merupakan malaikat Allah yang memiliki tugas memberikan dan membagikan rezeki kepada umat manusia di bumi. Termasuk memiliki tugas untuk menurunkan hujan.
  • Malaikat Israfil merupakan malaikat Allah yang memiliki tugas meniup sangkakala di hari akhir.
  • Malaikat izrail merupakan malaikat Allah yang memiliki tugas mencabut nyawa
  • Malaikat Munkar dan Nakir merupakan malaikat Allah yang memiliki tugas bertanya pada manusia di alam kubur
  • Malaikat Rakib dan Atid merupakan malaikat Allah yang memiliki tugas mencatat perbuatan baik dan buruk manusia.
  • Malaikat Malik merupakan malaikat Allah yang memiliki tugas menjaga pintu neraka
  • Malaikat Ridwan merupakan malaikat Allah yang memiliki tugas menjaga pintu surga

Cara selanjutnya dalam beriman kepada malaikat Allah yang bisa dilakukan adalah dengan mengamalkan lewat perilaku sehari – hari. Ya, hal ini merupakan pembuktian dari iman itu sendiri. Mukmin yang beriman akan senantiasa meningkatkan amal saleh, tidak boleh sombong dan juga perlu memiliki jiwa yang tentram.

Anggapan yang sering Keliru di Masyarakat tentang Malaikat

Fakta tentang Malaikat

Berkaitan dengan iman kepada para malaikat ada sejumlah anggapan yang berkembang di  tengah masyarakat yang perlu kembali diluruskan. Diantaranya beberapa anggapan yang berkembang di tengah masyarakat dan kembali harus diluruskan meliputi :

  • Malaikat bukan anak Allah. Hal ini yang dikatakan oleh kaum musyrik dan juga telah dijelaskan di dalam Al-quran surat An-Nahl (16) ayat 57.
  • Menamakan para malaikat dengan nama yang tidak ditetapkan di Al-Quran dan tidak disampaikan Rasulullah SWT, hal ini adalah hal yang tidak tepat.
  • Mengatakan bahwa malaikat adalah pembantu Allah. PAndangan yang semacam ini seperti menyamakan kalau Allah adalah seorang makhluk yang butuh bantuan dari orang lain. Padahal sebenarnya Allah bukan membutuhkan pembantu dalam mengerjakan segala sesuatunya mengingat hanya dengan Kun Fayakun maka semua bisa terjadi atas izin Allah.

Sebagai umat Islam sangat tepat jika kita harus senantiasa menambah kadar keimanan dari waktu ke waktu untuk mempersiapkan diri di hari kiamat. Semoga kita menjadi manusia yang selalu bertakwa dan menjadi salah satu manusia yang perilakunya diridhai Allah. Pengertian Iman Kepada Malaikat