Pengertian Pemasaran dan Strategi Dalam Pemasaran

By | October 20, 2018

Dalam sebuah bisnis kita mengenal istilah pemasaran. Pengertian pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh yang terpadu dan terencana dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan berbagai macam produk yang bernilai jual.

Kegiatan yang perlu dilakukan sebelum pemasaran untuk memasarkan suatu produk yang dihasilkan perusahaan meliputi menentukan harga, menyampaikan, mengkomunikasikan sampai dengan saling bertukar tawaran yang bernilai untuk klien, mitra, konsumen dan juga masyarakat secara umum.

Atau secara ringkas, arti pemasaran identik dengan sebuah proses pengenalan produk atau servis kepada konsumen yang potensial. Aspek – aspek untuk kegiatan pemasaran ada banyak sekali yang meliputi public relation, periklanan, promosi dan juga penjualan. Para ahli juga memiliki pendapatnya sendiri tentang pengertian pemasaran. Apakah pengertian pemasaran menurut para ahli?

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

pengertian pemasaran menurut para ahli

Arti Pemasaran Menurut Tung Dasem Waringin

Pengertian pemasaran menurut Tung Dasem Waringin bahwa pemasaran merupakan suatu media untuk mengomunikasikan suatu nilai tambah dari sebuah produk yang jauh lebih tinggi agar bisa dinikmati masyarakat secara luas.

Definisi Pemasaran menurut Philip Kotler

Philip Kotler mengungkapkan bahwa pengertian pemasaran adalah suatu aktivitas social dan suatu pengaturan yang dilakukan oleh perseorangan atau sekelompok orang dengan tujuan untuk bisa mendapatkan tujuan mereka dengan jalan membuat suatu produk dan kemudian menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak yang lainnya.

Pengertian Pemasaran Berdasarkan Pemikiran Jay Abraham

Menurut Jay Abraham bahwa pemasaran adalah suatu media untuk mencapai tingkat kesuksesan tertentu dengan cara memberikan suatu pelayanan paling baik untuk setiap konsumen.

Menurut William J. Stanton, Pemasaran adalah …

William J. Stanton mengungkapkan bahwa pengertian pemasaran adalah tentang sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan usaha atau bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa kemudian mendistribusikan, mempromosikan dan memuaskan konsumen.

Apa itu Pemasran ?? ini penjelasan dari Hair dan Mc Daniel

Menurut Hair dan Mc Daniel bahwa pengertian pemasaran adalah segalanya tentang proses perencanaan dan tata laksana konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan, barang atau jasa untuk dapat menciptakan suatu pertukaran yang nantinya akan memuaskan konsumen dan demi tercapainya tujuan suatu organisasi.

Pengertian Pemasaran menurut Basu dan Hani

Menurut pendapat Basu dan Hani bahwa pemasaran merupakan suatu rangkaian proses kegiatan yang meliputi perencanaan dalam konteks pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga suatu barang dan jasa sampai proses promosi atau pendistribusiannya dimana keseluruhan dari proses pemasaran tersebut tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan ataupun untuk mendapatkan laba.

Jenis – Jenis Pemasaran

Jenis – Jenis Pemasaran

Setelah memahami tentang pengertian pemasaran baik secara istilah atau menurut para ahli, kini kita akan membahas tentang jenis – jenis pemasaran. Ternyata pemasaran terkotak – kotakkan ke dalam beberapa jenis dimana tata laksananya antara yang satu dan yang lainnya sama sekali berbeda. Jenis – jenis pemasaran meliputi :

Word of mouth marketing

pengertian marketing

Marketing jenis ini adalah calon konsumen akan mendapatkan semua informasi produk dari customer lain. Word of mouth marketing atau suatu promosi dari mulut ke mulut nantinya dalam tata laksananya akan disampaikan secara oral dan orang yang menyampaikan tersebut sangat excited dalam membagikan informasi penting yang dimilikinya pada orang lain.

Marketing jenis ini merupakan marketing tanpa biaya karena yang melakukannya adalah konsumen. Biasanya ketika konsumen sudah puas dengan sebuah produk yang diberikan, maka mereka akan dengan suka rela dan sesuka hati akan menyampaikan produk yang sudah memuaskan dirinya tersebut kepada teman, kerabat, tetangga atau orang lain di sekitarnya. Cara marketing yang satu ini sangat meyakinkan karena tidak secara langsung dilakukan perusahaan dan banyak orang yang masih sangat percaya ketika ada orang yang menyampaikan produk tidak dengan bayaran dari suatu perusahaan maka produk tersebut memang punya kualitas yang seperti apa yang sudah ditawarkan.

Call to action

Jenis – Jenis Pemasaran

Call to action merupakan suatu jenis kampanye yang dilakukan dengan memanfaatkan website melalui tata kelola teks, grafik dan elemen web yang lain. Jika web traffic Anda berhasil meningkatkan angka penjualan maka artinya call to action yang dilakukan perusahaan Anda sudah berhasil. Cara ini juga cukup ampuh dalam meningkatkan daya tarik konsumen secara online dengan spectrum atau jangkauan yang lebih luas dibandingkan cara marketing yang pertama.

Akan tetapi walau demikian, tidak berarti bahwa Anda tidak perlu melakukan analisa. Call to action marketing justru harus benar – benar dilakukan secara lebih spesifik karena biasanya setiap pengunjung lebih suka mencari berbagai macam produk atas dasar keyword atau kata kuncinya. Jadi Anda harus terlebih dahulu melakukan riset kata kunci dan cari kata kunci mana yang paling banyak dicari dan tentunya sangat besar pengaruhnya pada website Anda.

Relationship marketing

jenis marketing

Ada banyak orang yang berpendapat bahwa relationship marketing juga kategori pemasaran yang sangat efektif. Bahkan ada banyak perusahaan yang sudah melakukan hal ini dibandingkan mereka menghabiskan dana banyak dalam menggaet konsumen karena cara ini tidak butuh banyak dana dalam melakukannya sehingga dapat menghemat budget untuk pemasaran yang bisa dialihkan dana tersebut untuk keperluan yang lain. Alasan hal ini sangat mempan dalam konteks pemasaran adalah karena kebanyakan pelanggan lebih loyal ketika Anda meluncurkan suatu produk baru.

Cloud marketing

macam-macam marketing

Bisa dibilang bahwa jenis pemasaran ini merupakan jenis pemasaran yang masih baru dikenalkan dalam dunia marketing. Cloud marketing dilakukan dengan memasukkan semua sumber daya dan asetnya melalui online. Salah satu contoh dari cloud marketing adalah afliasi program yang sudah dilakukan sampai detik ini oleh Amazon. Amazon memungkinkan bagi suatu asosiasi untuk melakukan modifikasi dan mengembangkan sumber daya karena itu jika ada buku, film atau acara televisi yang bisa diakses secara online oleh konsumen melalui Kindle Fire Anda jangan heran dengan hal semacam itu.

Public relation marketing

Public relation marketing

Last but not least, Public Relations terkategori sebagai salah satu jenis pemasaran yang juga penting dan tak boleh ditinggalkan. Ada banyak perusahaan yang sudah melakukan kerja sama dengan media – media seperti televisi, surat kabar, Koran, majalah atau yang lainnya untuk bisa meningkatkan kesadaran tentang pentingnya suatu produk mereka serta keuntungan yang bisa didapatkan konsumen atas produk yang ditawarkan tersebut.

Cara ini sudah banyak dilakukan bahkan kita bisa melihat betapa banyaknya perusahaan yang menggunakan jasa televisi dalam tata laksana public relation marketing yang sangat meyakinkan untuk konsumen ini dengan jangkauan yang sangat luas.

Fungsi Pemasaran Pada Perusahaan

Fungsi Pemasaran Pada Perusahaan

Suatu pemasaran atau marketing dilakukan tentu bukan tanpa maksud. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan berbagai keuntungan bagi perusahaan agar potensi penjualan meningkat. Selain itu, fungsi pemasaran pada perusahaan secara luas meliputi :

Sebagai Fungsi pertukaran

Sebagai Fungsi pertukaran

Dengan adanya pemasaran maka konsumen dapat tahu dan bisa membeli suatu produk yang dijual oleh produsen entah itu dengan menukar produk dengan uang atau menukar produk dengan produk yang lain. Produk tersebut kemudian bisa bisa digunakan oleh konsumen untuk keperluan sendiri atau dengan tujuan dijual kembali agar bisa mendapatkan laba. Suatu produk yang dijual kembali oleh konsumen (produk tangan kedua) saat ini berkembang menjadi dua jenis yaitu produk yang dijual oleh reseller atau dropshipper yang semata – mata mereka membantu pemasaran dari tangan pertama (perusahaan).

Pemasaran Berfungsi sebagai Fungsi distribusi fisik

Pemasaran Berfungsi sebagai Fungsi distribusi fisik

Proses marketing juga bisa dilakukan dalam bentuk distribusi fisik atas suatu produk dimana distribusi tersebut dilakukan dengan cara menyimpan atau mengangkut sebuah produk. Proses pengangkutan ini dapat melalui air, darat dan juga udara sementara kegiatan penyimpanan produk akan berjalan dengan sangat baik melalui cara menjaga pasokan produk agar tersedia ketika sedang dibutuhkan.

Fungsi perantara, Fungsi Penting dalam Pemasaran

Fungsi perantara, Fungsi Penting dalam Pemasaran

Aktivitas penyampaian suatu produk dari produsen ke tangan konsumen dilakukan melalui perantara marketing atau melalui pemasaran yang dilakukan dengan menghubungkan kegiatan pertukaran tersebut dengan sebuah distribusi fisik. Pada proses aktivitas perantara terjadi kegiatan pembiayaan, klasifikasi produk serta pencarian informasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tugas Marketing atau Bagian Pemasaran

Tugas Pemasaran

Kita harus tahu dan menyadari bahwa produk yang bagus jika tidak ditunjang dengan teknik pemasaran yang baik tidak akan berhasil dengan mudah. Hal ini karena ujung tombak semua bisnis terletak pada kesuksesan marketingnya. Karena itu seorang marketer juga harus tahu apa saja yang menjadi tugasnya agar produknya bisa laku di pasaran secara maksimal. Adapun tugas bagian pemasaran secara umum meliputi beberapa aspek berikut ini :

Memperkenalkan produk

Tugas seorang marketer atau bagian pemasaran yang pertama adalah memperkenalkan produk suatu perusahaan tempatnya bekerja kepada masyarakat umum agar masyarakat tahu, mengenal dan berpotensi membeli produk tersebut.

Mencapai target penjualan

Target penjualan suatu produk harus ditetapkan sejak awal. Tim marketing harus memiliki cara untuk mencapai suatu target dengan senantiasa berusaha memperhatikan kebutuhan dan kegiatan pasar yang akan menjadi sasarannya melakukan promosi.

Memastikan tingkat kepuasan konsumen

Selain target penjualan, kepuasan konsumen juga merupakan suatu hal yang sangat penting menjadi prioritas dari sebuah tim marketing. Dengan memastikan konsumen merasa puas dengan produk tersebut maka tentu proses pemasaran itu sendiri sudah dianggap menuai keberhasilan.

Membuat sebuah strategi lanjutan

Terdapat cukup banyak strategi pemasaran yang bisa digunakan oleh sebuah tim marketing dalam memasarkan sebuah produk ke masyarakat di tingkat lanjutan. Semisal adalah dengan memberikan diskon untuk konsumen yang sudah membeli produk di tempat kita. Strategi lanjutan ini perlu dilakukan dalam rangka mendapatkan target profit yang jauh lebih besar dari strategi yang sebelumnya. Misalkan dengan menawarkan produk yang lain kepada konsumen agar bisa mendapatkan harga diskon yang jauh lebih baik lagi.

Melakukan langkah kerja sama dengan mitra

Strategi dalam marketing juga berperan sangat penting dalam membangun kerja sama dengan mitra kerja. Selain itu tim marketing juga memiliki tugas dalam menjalin hubungan baik dengan masyarakat secara khusus pelanggan dan menjadi media yang dapat menjembatani hubungan perusahaan dengan lingkungan secara eksternal.

Membuat suatu rekapitulasi penjualan

Tim marketing diwajibkan membuat rekap data penjualan dengan benar dan secara lebih terstruktur. Data penjualan ini tentunya sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dalam menentukan target dan juga strategi pemasaran di masa yang akan datang. Tanggung jawab yang akan dipikul oleh manajer pemasaran diantaranya :

  • Melakukan pengawasan dan pengembangan terhadap strategi pemasaran
  • Melakukan langkah riset dan analisa data untuk mengidentifikasi target pasar yang pas
  • Merancang dan menyajikan ide lengkap beserta strateginya
  • Melakukan promosi secara terstruktur dan terarah
  • Mengumpulkan dan melakukan distribusi informasi statistic serta financial
  • Merawat suatu website perusahaan serta memikirkan strategi kampanye online
  • Menyelenggarakan suatu event dan pameran
  • Melakukan update database dan memanfaatkan customer relationship management dalam perusahaan
  • Melakukan koordinasi budaya marketing secara organisasi dan internal
  • Mengawasi performa
  • Melakukan kampanye di social media

Strategi Pemasaran (Trik dan Tips dalam Melakukan Pemasaran)

Strategi Pemasaran

Pemasaran tidak boleh dilakukan serta merta atau sesuka hati. Agar pemasaran yang dilakukan bisa langsung sampai pada konsumen tentu strategi pemasaran perlu diperhatikan. Berikut beberapa strategi pemasaran yang penting dipelajari dan dipahami seorang marketer diantaranya :

1. Memanfaatkan social media

Masing – masing dari kita pasti kebanyakan setuju kalau disebutkan bahwa social media merupakan salah satu alat pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda kini sangat aktif dalam menggunakan social media. Dengan menggunakan social media, perusahaan bisa menjalin interaksi secara luas dari berbagai kalangan dan juga dengan biaya yang murah bersama akses visibilitas atau keterlibatan yang tinggi.

Sosial media juga sangat memungkinkan bagi sebuah perusahaan dalam memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka sehingga nantinya dalam pemasaran produk yang dilakukan akan terarah dan tidak ada hal yang mubadzir dalam tata laksananya karena dipasarkan di tempat yang tidak sesuai. Kemungkinan yang seperti itu bisa diminimalisir dengan strategi yang satu ini. Pada akhirnya peluang suatu produk terjual juga akan jauh lebih besar.

2. Menawarkan berbagai produk secara gratis

Cara yang satu ini dianggap menjadi sebuah cara yang sangat ampuh dalam menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis tentunya akan sulit dilewatkan begitu saja. Alasan lain juga mengapa strategi ini dianggap perlu juga dilakukan karena seringkali seorang customer belum membeli sebuah produk karena mereka belum pernah mencoba sama sekali tentang produk tersebut. Nah karena itu strategi pemasaran yang satu ini sangat penting dilakukan sebuah perusahaan.

Bisa saja sebuah perusahaan memilih event atau langsung menawarkan sample dan contoh secara gratis door to door kepada calon konsumennya. Jika kemudian produk tersebut berupa jasa atau media digital maka tentu perusahaan dapat menawarkan free trial atau percobaan gratis untuk bisa menarik minat calon konsumen dan meningkatkan potensi pembeli melakukan pembelian. Produk kecantikan juga biasanya menawarkan sample dalam suatu event agar sample tersebut bisa digunakan untuk segera dicoba.

3. Memilih tempat yang strategis

Tempat yang strategis juga masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang wajib dipertimbangkan karena dengan tempat penjualan yang strategis artinya produk Anda punya kemungkinan untuk terlihat lebih tinggi dan tentu memicu angka penjualan yang juga jauh lebih tinggi dan lebih besar.

Kriteria pemilihan tempat strategis ini juga harus menyesuaikan dengan target sasaran dan juga kemudahan dalam jangkauannya. Semisal jika Anda memutuskan untuk menjual berbagai kebutuhan perlengkapan anak kos maka berjualan di dekat area kampus atau di dekat tempat sekolah hal ini akan membuat berbagai kemungkinan tentang produk Anda cepat laku dan cepat terlihat.

4. Jalinlah hubungan baik dengan pelanggan

Pelanggan yang loyal adalah suatu asset yang penting bagi perusahaan. Mereka sudah berulangkali membeli produk Anda dan turut menyumbang pemasukan secara rutin. Sehingga jika Anda tidak ingin kehilangan suatu pembelian, di tengah persaingan banyaknya produk yang serupa maka tak ada salahnya Anda akan member penghargaan kepada para pelanggan yang loyal atas sebuah perusahaan dengan cara Anda menanggapi masukan pelanggan atau memberikan hadiah secara langsung atas pembelian yang sudah dilakukan.

Jadi intinya, sebuah produk akan kesulitan dijual sebagus apapun itu ketika sebuah perusahaan tidak memiliki strategi pemasaran yang jelas. Karena itu pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam peningkatan target penjualan sebuah perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.