Kupas Tuntas Pengertian Variabel Dependen dan Independen

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang pengertian variabel dependen dan variabel independen, sebaiknya ketahui terlebih dulu informasi lebih lengkapnya mengenai pengertian dari variabel itu sendiri. Variabel ini sendiri merupakan sebuah objek penelitian, atau apa yang sedang menjadi titik fokus di dalam suatu penelitian, baik itu yang berbentuk abstrak atau pun real. Variabel juga dapat diartikan sebagai nilai yang punya banyak sekali variannya, maupun sesuatu yang bersikap berubah – ubah dan tidak tetap.

Pengertian variabel secara umumnya adalah sebuah objek yang bisa berbentuk apa saja yang ditentukan oleh penelitian, yang memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi agar bisa ditarik menjadi sebuah kesimpulan. Jika dilihat secara teorinya, pengertian dari kata variabel ini sendiri adalah objek, atribut, sifat, atau nilai dari orang, maupun kegiatan yang memiliki berbagai macam vaariasi antara satu dengan yang lainnya, yang juga telah ditetapkan oleh peneliti yang memiliki tujuan utama untuk dipelajari dan ditarik kesimpulan.

Tidak hanya itu saja, variabel juga dapat diartikan sebagai suatu besaran yang bisa diubah – ubah, atau pun berubah, sehingga bisa mempengaruhi sebuah peristiwa maupun hasil dari sebuah penelitian tersebut. Variabel juga merupakan sebuah konsep yang pada dasarnya memiliki nilai – nilai yang sangat bermacam – macam. Suatu konsep bisa saja diubah menjadi suatu variabel, misalnya saja dengan cara memusatkan pada aspek tertentu yang masih ada dalam variabel itu sendiri. Selain itu, variabel ini sendiri juga bisa dibagi menjadi dua, yakni variabel kuantitatif dengan variabel kualitatif. Variabel kuantitatif ini diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yakni variabel diskrit atau discrete, dan variabel kontinu atau continous.

Berbagai Macam Pengertian Variabel yang Harus Diketahui

Variabel dependen dan independen

Pada dasarnya pengertian kata variabel ini sangat bermacam – macam sekali, hal tersebut bergantung dari mata pelajaran pengertian variabel dimaksudkan, misalnya saja dalam mata pelajaran, sains, ilmu komputer, matematika, dan logika matematika. Di bawah ini akan kami informasikan kepada Anda tentang pengertian kata variabel dari setiap macam – macam pelajaran, diantaranya sebagai berikut.

  • Dalam mata pelajaran sains. Pengertian kata variabel ini sendiri merupakan sebuah objek penelitian. Ini berarti segala sesuatu yang harus diteliti variabel terdiri dari nama dan nilai – nilai, atau pun bisa pula dikosongkan dan diisi nilainya.
  • Dalam mata pelajaran matematika. Pengertian kata variabel tersebut merupakan karakter, atau pun abjad yang menggunakan jumlah yang masih belum bisa ditentukan. Untuk setiap variabel umumnya mengandung nilai – nilai. Variabel dalam mata pelajaran matematima ini nanti akan semakin memudahkan dalam urusan mengerjakan soal, khususnya soal aljabar.
  • Dalam mata pelajaran ilmu komputer. Pengertian kata variabel yang berikut ini merupakan nama yang biasanya berupa abjad, karakter, atau pun kata yang mewakili beberapa nilai – nilai yang ada di dalam memori komputer.
  • Dalam mata pelajaran logika matematika. Pengertian kata variabel adalah salah satu simbol yang mewakili sebuah simbol.

Pengertian Variabel Menurut KBBI

Dan di bawah ini adalah beberapa pengertian kata variabel menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia yang juga penting untuk kita ketahui bersama, diantaranya sebagai berikut.

  • Pengertian variabel yang pertama adalah bisa berubah – ubah, berbeda – beda, bermacam – macam, baik itu mengenai mutu, harga, atau yang lain sebagainya.
  • Variabel juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang bisa berubah, faktor atau pun unsur yang juga ikut menentukan perubahan.
  • Selain itu, variabel juga bisa diartikan sebagai satuan bahasa yang paling terpengaruh oleh varian sosial dan stilitas dalam jangka yang cukup panjang bisa saja berubah. Selain itu, variabel juga dapat diartikan sebagai kelas kata yang bisa menyatakan hubungan gramatikal dengan perubahan bentuk. Dalam hal tersebut kelas nomina, adjektiva, dan verba.

Pengertian Variabel Menurut Para Ahli

Variabel dependen dan independen

Selain pengertian kata variabel di atas, ternyata para ahli dan juga pakar pun memiliki pandangan serta pendapat yang berbeda – beda dalam mendefinisikan apa itu variabel. Namun untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa ulasannya di bawah ini.

N. Kerlinger. Variabel adalah sebuah konsep yang punya berbagai macam – macam nilai, yang berarti sebuah konsep yang sudah diubah.

Freddy Rankuti. Pengertian kata variabel menurut Freddy Rankuti sendiri adalah konsep yang punya nilai – nilai bervariasi dan juga nilai tersebut nanti akan dibagi menjadi empat data yang berbeda – beda, yakni skala, rasio, ordinal, internal, dan nomina.

Sutrisno Hadi. Variabel adalah variasi dari sebuah objel penelitian, contohnya saja tinggi manusia dan juga divariasikan dengan usia atau umur maupun berat badan yang dimilikinya.

Sugiyono (2009 : 60). Arti kata variabel menurut Sugiyono adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang telah ditetapkan oleh peneliti untuk kemudian dipelajari, sehingga didapatkan sebuah informasi mengenai hal tersebut, lalu ditarik sebuah kesimpulan.

Nazir. Lalu pengertian kata variabel menurut Moh. Nazir sendiri adalah sebuah konsep yang memiliki berbagai macam nilai – nilai.

Suharsimi Arikunto (1998 : 99). Menurut Arikunto Variabel adalah objek penelitian, atau apa saja yang tengah menjadi perhatian suatu titik perhatian sebuah penelitian.

Bagja Waluya. Kemudian menurut Bagja Waluya sendiri arti kata variabel ini adala konsep yang tidak akan pernah ketinggalan dalam setiap eksperimen atau penelitian maupun research.

Tia Mutiara. Pengertian kata variabel menurut Tia Mutiara adalah sesuatu yang akan menjadi titik fokus perhatian yang kemudian akan memberikan pengaruh besar dan memiliki nilai atau value.

Variabel merupakan karakter yang bisa diobservasi dari unit amatan yang juga disebut sebagai suatu pengenalan atau pun atribut dari sekelompok objek. Yang dimaksudkan di sini adalah terjadinya variasi antara objek yang satu dengan objek lainnya yang masih ada dalam satu kelompok tertentu.

Eddy Soeryanto. Lalu kata variabel menurut Eddy Soeryanto sendiri adalah objek yang memiliki peranan cukup penting sekali dalam sebuah riset pemasaran.

Hatch & Farhady (1981). Variabel diartikan sebagai atribut seseorang atau pun objek yang memiliki variasi antara satu orang dengan orang lainnya, maupun satu objek dengan objek yang lain.

Kidder (1981). Arti kata variabel menurut Kidder adalah suatu kualitas atau qualities, dimana para peneliti mempelajari dan menarik kesimpulan darinya.

Bhisma Murti (1996). Definisi kata variabel adalah sebuah fenomena yang memiliki variasi nilai – nilai. Variasi nilai tersebut dapat diukur baik itu secara kualitatif atau pun kuantitatif.

Sudigdo Sastroasmoro. Pengertian kata variabel adalah karakteristik dari subjek penelitian yang berubah dari satu subjek ke subjek yang lainnya.

Ahmad Watik Pratiknya (2007). Kata variabel menurut Dr. Ahmad adalah konsep yang memiliki variabilitas. Sementara itu konsep adalah penggambaran atau pun abstraksi dari suatu fenomena tertentu. Konsep yang dimaksudkan di sini bisa berupa apa saja, asal memiliki ciri – ciri yang bervariasi, makanya bisa disebut sebagai variabel. Dengan begitu, kata variabel dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang sangat bervariasi.

Soekidjo Notoatmodjo (2002). Arti kata variabel menurut Dr. Soekidjo sendiri merupakan kata yang di dalamnya mengandung pengertian ukuran, atau pun ciri khas yang dimiliki oleh setiap anggota – anggota suatu kelompok yang berbeda – beda, dengan yang dimiliki oleh kelompok yang lainnya. Selain itu, kata variabel menurut Dr. Soekidjo juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang digunakan sebagai ciri – ciri, sifat, maupun ukuran yang dimiliki dan didapatkan oleh suatu penelitian mengenai sesuatu konsep pengertian tertentu.

Robbin Pearson. Definisi Variabel adalah semua karakteristik umum yang bisa diukur dan bisa berubah dalam intensitas, keleluasaan atau pun keduanya.

Macam – Macam Variabel yang Harus Diketahui

Variabel dependen dan independen

Variabel moderator

Ini adalah jenis vaariabel yang biasanya akan mempengaruhi baik itu untuk memperkuat atau pun memperlemah hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel moderator tersebut bahkan juga disebut dengan variabel independen yang kedua. Skema dari variabel moderator ini adalah variabel bebas atau independen, moderator, despenden.

Contoh dari jenis variabel moderator yang harus diketahui adalah hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar yang nanti akan semakin memperkuat jika peranan dosen dalam menciptakan lingkungan belajar yang baik, serta hubungan semakin rendah jika peranan dosen kurang baik untuk ciptakan lingkungan belajar.

Variabel intervening

Ini adalah jenis variabel yang bisa mempengaruhi antara variabel bebas dengan variabel terikat secara teoritis. Akan tetapi tidak bisa diamati atau pun diukur. Variabel intervening tersebut juga disebut sebagai variabel antara atau penyela pada variabel bebas dengan variabel terikat, sehingga variabel bebas tidak bisa langsung mempengaruhi terjadinya perubahan variabel terikat.

Contoh variabel intervening ini adalah hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan para pelanggan atau konsumen serta loyalitas maupun dependen.

Variabel kontrol

Ini adalah jenis variabel yang biasanya dikendalikan atau pun dibuat secara konstan, sehingga hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat tidak terpengaruh oleh faktor luar yang tidak teliti. Variabel kontrol bahkan sering sekali digunakan sebagai pembanding lewat penelitian eksperimental.

Contoh dari jenis variabel kontrol ini sendiri adalah apakah perbedaan tenaga penjual atau sales force yang lulus D3 dan S1, maka terlebih dulu harus ditetapkan variabel kontrol, misalnya saja berupa gaji yang sama, lingkungan kerja yang sama, atau pun peralatan kerja yang sama. jadi, variabel kontrol akan memudahkan dalam hal menentukan perbedaan.

Variabel dependen atau variabel terikat

Ini dia yang menjadi pokok pembahasan kita di awal, variabel dependen merupakan jenis variabel yang biasanya dipengaruhi akibat dari adanya variabel bebas. Bisa dibilang sebagai variabel terikat sebab variabel terikat tersebut biasanya dipengaruhi oleh variabel independen atau variabel bebas. Variabel dependen bahkan juga sering sekali disebut sebagai variabel terikat, variavbel tergantung, variabel output, konsekuen, kriteria, variabel efek, dan juga variabel terpengaruh.

Contoh dari jenis variabel terikat atau dependen ini sendiri adalah pengaruh terapi musik terhadap penurunan tingkat kecemasan.

Variabel independen atau variabel bebas

Ini adalah jenis variabel yang biasanya mempengaruhi atau pun sebab perubahan munculnya variabel terikat atau dependen. Variabel independen tersebut bahkan bisa saja disebut sebagai variabel perlakuan, resiko. Kausa, variabel stimulus, variabel pengaruh, antecedent, treatment, dan juga variabel bebas. Bisa dibilang bahwa variabel bebas sebab bisa mempengaruhi variabel yang lainnya.

Contoh dari jenis variabel bebas atau independen tersebut adalah pengaruh terapi musik terhadap penurunan tingkat kecemasan.

Tidak hanya itu saja, berikut ini juga akan kami informasikan kepada Anda tentang beberapa contoh variabel dependen dan independen yang pastinya penting sekali untuk Anda ketahui. Mari langsung saja simak ulasan lengkapnya.

Contoh Variabel Dependen dan Independen

contoh Variabel dependen dan independen

Contoh pertama > Cara Menentukan variabel dependen dan independen

Contoh hipotesis : Ada pengaruh antara model pembelajaran terhadap hasil belajar para siswa.

  • Variabel dependen atau terikat : hasil belajar siswa
  • Variabel independen atau bebas : model pembelajaran

Contoh hipotesis : Ada pengaruh kualitas pelayanan jasa dan juga kepuasan para konsumen atau pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.

  • Variabel dependen atau terikat : loyalitas pelanggan atau konsumen
  • Variabel independen atau bebas : kualitas pelayanan jasa dan juga kepuasan pelanggan atau konsumen

Contoh hipotesis : Ada pengaruh persepsi siswa mengenai metode mengajar para guru, ketersediaannya sarana  belajar di sekolah – sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi.

  • Variabel dependen atau terikat : hasil belajar ekonomi
  • Variabel independen atau bebas : pengaruh persepsi para siswa, ketersediaannya sarana belajar, dan motivasi belajar para siswa

Contoh hipotesis : Ada pengaruh buku teks berbahasa Inggris dengan pemahaman sebuah konsep fisika siswa.

  • Variabel dependen atau terikat : pemahaman konsep fisika
  • Variabel independen atau bebas : penggunaan buku teks berbahasa Inggris

Contoh Variabel Bebas Dan Terikat Dalam Penelitian Pendidikan

Ada seorang siswa atau murid yang membuat sebuah rancangan percobaan untuk membuktikan bahwasannya pada perkecambahan dibutuhkan air dan juga oksigen. Instrumentasi percobaannya sebagai berikut ini.

  • Tabung yang pertama berisikan biji kacang hijau
  • Tabung yang kedua berisikan kapas kering dan biji kacang hijau dibiarkan terbuka begitu saja
  • Tabung yang ketiga berisikan kapas kering dan biji kacang hijau yang dibiarkan ditutup hingga rapat
  • Tabung yang keempat berisikan biji kacang hijau dan kapas basah yang dibiarkan terbuka
  • Tabung yang kelima berisikan biji kacang hijau dan kapas basah yang ditutup rapat – rapat

Rangkaian di atas dibiarkan kurang lebih selama 2 hari untuk mengamati yang mana biji kacang hijau yang bisa tumbuh, dan ternyata hasil dari percobaan tersebut dihasilkan bahwasannya :

  • Biji yang bisa tumbuh dengan baik adalah tabung yang keempat dan tabung kelima
  • Biji yang tumbuh dengan normal adalah tabung yang keempat, sementara itu yang tidak normal ada pada tabung yang kelima

Silakan perhatikan juga variabel penelitian pada rangkaian percobaan di bawah ini.

  • Yang disebut dengan variabel kontrol adalah tabung pertama. Biji dibiarkan apa adanya dan tidak diberikan perlakuan apapun sebagai pembanding dengan hasil percobaan.
  • Yang disebut dengan variabel bebas adalah tabung yang kedua, tiga, empat, dan lima. Setiap tabung diberikan perlakukan tertentu, yakni basah atau pun kering dan terbuka maupun tertutup.
  • Lalu yang disebut dengan variabel terikat adalah hasil dari pertumbuhan biji. Biji yang tumbuh dengan normal adalah tabung keempat, sebagai akibat diberikan perlakukan pemberian air, dan juga terbuka sehingga oksigen bisa masuk. Sementara itu pertumbuhan biji di tabung kelima tidak normal, sebab tabung tertutup walaupun terhadap air.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian variabel dependen dan independen. Semoga bermanfaat.