Arti Ucapan Barakallah fii Umrik, Contoh Ucapan dan Penjelasan Detailnya

Ucapan barakallah fii umrik – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada sahabat. Selain ucapan selamat ulang tahun bisa diutarakan dengan kalimat bahasa Indonesia atau kalimat bahasa Inggris, ucapan selamat ulang tahun juga bisa diutarakan dengan bahasa Arab.

Menurut berbagai sumber, ucapan selamat ulang tahun yang diucapkan dalam bahasa Arab juga mengandung doa didalamnya. Ucapan barakallah fi umrik merupakan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab yang bisa Anda utarakan.

Arti yang sangat indah tentu terkandung dibalik ucapan barakallah fii umrik ini. Tata bahasanya sendiri bisa Anda utarakan dengan rangkaian kalimat yang lebih variatif. Informasi selengkapnya tentang ucapan barakallah fi umrik akan kita bahas dalam informasi di bawah ini!

Arti Ucapan Barakallah fii Umrik

Ucapan Barakallah fii Umrik

Selama ini memang  ucapan barakallah fi umrik digunakan untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun. Ucapan barakallah fi umrik memiliki arti ‘semoga Allah memberkahi usia Anda’. Karena itu ucapan ini digunakan untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada saudara, kerabat, teman, kekasih, pasangan atau yang lainnya.

Ucapan ‘barakallah fi umrik’ terdengar lebih sopan dan terkesan sebagai doa. Ucapan ini ketika diutarakan kepada orang yang sedang berulang tahun yaitu memberikan ucapan tentang harapan untuk keberkahan. Dengan mengucapkan kalimat ini kita memposisikan diri untuk mendoakan orang yang kita sedang berikan ucapan tersebut dengan doa – doa yang penuh keberkahan tentang usia orang yang bersangkutan.

Memang ketika ucapan ini muncul pertama kali terasa asing bagi kebanyakan orang utamanya mereka yang masih tidak paham dan mengerti tentang bahasa Arab dan ucapan –  ucapan yang diutarakan dalam bahasa Arab. Orang yang menggunakan ucapan ini awalnya hanya ikut – ikutan saja akan tetapi kemudian mencari artinya. tanda waqaf

Setelah banyak orang yang tahu dan paham artinya, nyatanya kalimat ini memang cocok dipakai sebagai ucapan kalimat ulang tahun yang ditujukan kepada semua orang dan bersifat universal sebagai sebuah doa yang dipanjatkan. Doa ini memberikan impact yang sangat baik dengan harapan yang sangat indah di waktu – waktu ke depannya.

Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun / Barakallah Fi Umrik

Hukum Mengucapkan Barakallah fii umrik

Walaupun ucapan ini sangat baik dalam memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk seseorang karena memberikan doa untuk keberkahan, akan tetapi dalam hukum Islam terdapat dua hukum yang menyatakan boleh tidaknya muslim atau muslimah merayakan ulang tahun. Dua hukum tersebut diantaranya yaitu :

Ulang tahun adalah bid’ah

Bid’ah merupakan segala macam sesuatu yang tidak ada contohnya di zaman rasul. Seperti ulang tahun, ulang tahun di zaman rasul tidak diselenggarakan dan rasul tidak memberikan contoh ulang tahun dalam kehidupan sehari – hari beliau.

Jadi merayakan ulang tahun untuk menyambut hari kelahiran tidaklah pernah dilakukan oleh nabi dan sahabatnya. Kebiasaan ulang tahun muncul karena pengaruh dari bangsa Eropa. Beberapa ulama memberikan pernyataan bahwa arti barakallah fi umrik bukan selamat ulang tahun. Akan tetapi merupakan doa. Untuk kegiatan ulang tahun yang dirayakan bersama syukuran atas umur yang Allah sudah berikan, masih bukan merupakan masalah. Akan tetapi jika perayaan ulang tahun berlangsung megah, mewah dan hanya bersifat hura – hura maka banyak kyai yang memberikan saran agar kegiatan ini ditinggalkan karena tidak memberikan banyak manfaat.

Ulang tahun adalah mubah

Walau arti dari barakallah fi umrik terdapat kata – kata usia didalamnya, akan tetapi sebenarnya kalimat ini tidak cocok digunakan untuk menunjukkan rasa gembira karena ada teman atau saudara yang sedang merayakan tambahnya umur dia. Mereka yang merayakan ulang tahun harusnya merasa sedih karena kehidupan yang akan dijalani ke depan, masanya berkurang.

Beberapa ulama menyebutkan bahwa ulang tahun dirayakan bersifat mubah ketika mereka yang merayakan ulang tahun juga menjadikan ulang tahun tersebut sebagai pengingatnya lebih baik di masa selanjutnya. Moment tersebut ada baiknya dijadikan sebagai ajang evaluasi diri untuk meningkatkan kualitas dalam beribadah. Arti kata barakallah fi umrik sendiri sangat luas, tak hanya untuk mereka yang ulang tahun saja.

Mubah dalam artian boleh. Artinya moment mengingat hari ulang tahun jika dilakukan tidak apa – apa dan jika tidak dilakukan atau dalam artian ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa. Barakallah fi umrik bisa diucapkan kepada siapa saja baik yang mendapatkan kebahagiaan karena diterima kerja, wisuda, menikah dan yang lainnya. Sangat dianjurkan bagi umat Islam sebaiknya Anda tahu artinya dulu sebelum berucap.

Barakallah fi umrik untuk laki – laki pelafalannya sama sehingga isimnya juga tidak berubah. Isim sendiri berada di bagian umrik sehingga jika Anda ingin memberikan doa kepada teman laki – laki supaya senantiasa mendapatkan berkah. Ucapan barakallah fi umrik dengan pelafalan yang sama juga dengan tulisannya. Sementara untuk barakallah fi umrik bagi wanita tinggal diganti saja isimnya menjadi umriki.

Untuk ucapan ini jawabannya sangat sederhana yaitu wa fiikum barakallah yang menunjukkan bahwa kedua orang yang saling berinteraksi dengan kalimat mengandung kata ‘barakallah’ ini berniat saling mendoakan dan ketika dijawab satu sama lain yang saling mendoakan akan sama – sama mendapatkan barakallah dan mendapatkan berkah. Jadi arti barakallah fi umrik bukan sebuah ucapan selamat ulang tahun dalam versi islam, melainkan juga merupakan bentuk doa agar mendapat berkah dari Allah SWT.

Jika kita mengacu pada ucapan barakallah fi umrik yang bersifat mubah, maka menggelar pesta ulang tahun tidak dianjurkan. Akan tetapi juga tidak dianggap dosa. Ada baiknya jangan Anda terlalu mewah ketika mengadakan acara dan lebih fokus dalam perbaikan diri ke depannya.

Variasi Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami, Barakallah Fii Umrik

contoh ucapan barakallah fii umrik

Ketika ada teman, saudara, kerabat atau orang terdekat lainnya yang sedang berulang tahun dan Anda ingin mengucapkan barakallah fii umrik untuk mereka, ada beberapa variasi ucapan terindah yang Anda bisa berikan. Berikut beberapa variasi ucapan selamat ulang tahun islami barakallah fi umrik meliputi :

Barakallah fii umrik sahabatku, semoga usia engkau selalu diliputi keberkahan oleh Allah SWT.

Puji syukur Alhamdulilah aku berikan sebagai wujud bahagiaku karena pertambahan usia kamu hari ini. “Barakallah fii umrik” aku ucapkan. Harapanku semoga semua jerih payahmu mendapat berkah untuk kamu dan keluargamu.

Alhamdulilah sekarang usia kamu bertambah. Barakallah fi umrik, semoga ke depannya semua cita – cita dan tujuan hidup kamu bisa kamu dapatkan.

Milad Mubarak. Barakallah fii umrik. Semoga kesuksesan, kesehatan dan keberkahan bersamamu.

Ketaqwaan tidak harus bertambah ketika usia bertambah. Akan tetapi ketaqwaan harusnya selalu bertambah di setiap detiknya. Barakallah fi umrik, semoga ke depan kamu menjadi umat Allah yang semakin bertaqwa.

Lilin yang terang aku sematkan diatas kue tart ini. Terukir sudah angka usia yang sekarang ini kamu sandang. Senantiasalah untuk berpikir positif dan tambahlah ketaqwaan kamu kepada Tuhan setelah pertambahan usiamu hari ini. Barakallah fii umrik, semoga umur kamu berkah.

Barakallah fi umrik. Semoga kamu selalu sehat dan panjang umur. Semoga hari – hari kamu selalu berbahagia.

Kertas yang dulunya putih, sekarang telah penuh dengan tulisan. Semua tema tulisan ada di kumpulan kertas tersebut. Barakallah fii umrik aku ucapkan sebagai salah satu tema tulisan untuk kamu di hari ini. Semoga kamu senantiasa sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Semoga kesehatan selalu menyertai kamu dengan penuh keberkahan.

Barakallah fi umrik. Seiring dengan pertambahan umur kamu, tetaplah menjadi orang yang bersyukur dan bertambah kuatlah demi melanjutkan dakwah di bumi Allah yang maha luas dan maha tinggi.

Seperti yang kita tahu, pengulangan tanggal kelahiran di setiap tahun adalah wujud rasa cinta Allah kepada umatnya. Tetaplah bersyukur karena Allah sudah meniupkan usia yang panjang untuk kamu. Barakallah fii umrik.

Ya Allah yang maha pandai. Berikanlah pikiran yang jernih atas pertambahan usia sahabatku/ temanku/ anakku/ suamiku/ orang tuaku/ dan lainnya yang dituju. Jadikanlah ia pribadi yang santun dan berjiwa islami. Tuntunlah selalu langkahnya sehingga terus berada di jalan yang Allah ridhoi. Barakallah fii umrik.

Barakallah fi umrik. Semoga di hari ulang tahun kamu di tahun ini menjadi pertanda bahwa kamu semakin dekat dengan jodohmu. Semoga keberkahan senantiasa menyertaimu.

Tidak ada doa terbaik untuk kamu di hari ulang tahun kamu ini, selain umur yang berkah. Semoga hari – harimu selanjutnya selalu dalam lindungan Allah. Barakallah fii umrik.

Barakallah fi umrik. Semoga kamu sehat selalu, sukses dan senantiasa berbahagia.

Semakin sulit waktu kita untuk berjumpa sahabat/ adik/ atau orang lain yang sedang dituju. Akan tetapi akan selalu aku mengingat kapan hari bahagiamu, hari kelahiranmu. Tanpa hari itu, aku tak akan pernah berjumpa denganmu di kehidupan ini. Barakallah fii umrik, semoga semua yang kamu lakukan senantiasa menjadi ladang berkah dan ladang pahala untuk kamu dan keluarga.

Variasi ucapan selamat ulang tahun juga bisa digunakan dengan bantuan ayat suci Al-Quran sehingga ucapan ini didominasi secara langsung dengan potongan ayat suci Al-Quran yang berisi doa – doa terbaik.

Ucapan barakallah fi umrik juga bisa diutarakan secara murni dalam bahasa Arab tanpa serapan bahasa Indonesia. Untuk Anda yang ingin mengucapkan barakallah fii umrik murni bahasa Arab, Anda bisa mengucapkan beberapa kalimat di bawah ini :

Barakallah fii umrik. Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-I”.

Artinya adalah : Berikan berkah atas umurnya. Doaku semoga Allah SWT segera memberikan momongan kepadamu. Ucapan selamat ulang tahun Islami ini cocok untuk sahabat atau orang – orang terdekat yang sudah berkeluarga dan kita doakan untuk sesegera mungkin bisa mendapatkan karunia berupa momongan.

Barakallah fii umrik. Robbana hablanaa min azwaajina wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj’alnaa lilmuttaqiina imaama.

Artinya : Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami anak, istri dan cucu kepada kami. Jadikan kami mantap dalam memilih yang terbaik demi kebaikan dan kepuasan hati.

Barakallah fii umrik. Allahumma innaa nas’aluka salamatan fid diini, wa ‘aafiyatan fil jasadi, wa ziyaadatan fil ‘ilmi, wa barakatan firrizqi, wa taubatan qoblal mauti, wa rahmatan indal mauti, wa maghfiratan ba’dal mauti.

Artinya : Ya Allah, kami memohon kepadaMu tentang keselamatan dalam agama dan kesejahteraan atau kesegaran kepada tubuh serta penambahan ilmu juga keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati. Berikan ampun kepada kami setelah mati nanti.

Barakallah fii umrik ukhty. Semoga wisuda kamu sukses dan segera mendapatkan pekerjaan.

Ucapan selamat ulang tahun islami ini ditujukan juga kepada sahabat perempuan atau teman perempuan tidak hanya sebagai ucapan selamat ulang tahun melainkan juga ucapan syukur yang lainnya.

Meninggalkan ucapan barakallah fi umrik, kita akan membahas secara detail tentang makna “barakallah”. Walau kata dalam bahasa arab “barakallah” merupakan ungkapan yang baik akan tetapi tidak semua kejadian bisa kita tanggapi dengan ucapan barakallah.

Moment Atau Waktu Untuk Mengucapkan barakallah fii umrik

Kapan Mengucapkan barakallah fii umrik

Ada beberapa waktu yang sekiranya tepat untuk mengucapkan barakallah dan ada waktu yang tidak tepat mengucapkannya. Waktu yang tepat mengucapkan barakallah selain di waktu ulang tahun teman atau saudara atau kerabat, juga pada waktu – waktu berikut ini :

Mendapatkan pemberian

Ketika kita mendapatkan suatu hadiah atau sejenisnya dari orang yang lain ada baiknya agar kita mendoakan kebaikan bagi si pemberi hadiah sebagaimana yang sahabat nabi telah contohkan ketika mendapatkan daging dari Siti Aisyah Ra. Walau mendoakan bukan hal yang wajib akan tetapi ini bisa menjadi suatu adab yang sangat baik untuk kita yang menerima hadiah. Salah satu doa yang bagus dan cukup simple adalah “barakallah laka/lakum”.

Diucapkan kata barakallah ketika akan memberikan sebuah hadiah

Tak hanya ketika menerima hadiah saja kata “barakallah” diucapkan. Akan tetapi sewaktu kita memberikan hadiah kepada orang lain, kata ini juga bisa diucapkan sebagai sebuah lantunan doa untuk orang yang kita sedang beri hadiah.

Hendaknya juga kita mendoakan kebaikan dengan maksud agar benda yang kita berikan itu diberkahi oleh Allah serta juga bermanfaat dengan sebaik mungkin. Jika kita ternyata lebih dulu mendapatkan doa “barakallah” dari yang diberi maka kita akan menjawab dengan “wa fiika/fiikum barakallah”.

Diucapkan dalam pernikahan

Nabi SAW mengajarkan kepada umatnya agar kita mendoakan pengantin yang baru menikah dengan doa sebagai berikut :

“Barakallahu laka wa baaraka ‘alaikum wajama’a bainakumaa fi khoyr”

Arti dari ucapan tersebut yaitu : Semoga Allah senantiasa memberkahi umur kamu dalam keadaan mudah dan dalam keadaan sulit serta mengumpulkan kalian berdua senantiasa dalam kebaikan.

Diucapkan untuk bayi yang baru lahir

Ketika ada saudara, tetangga atau teman kita yang mendapatkan rezeki anak yang baru lahir, kita dianjurkan untuk mendoakan keberkahan bagi mereka dan si anak yang baru lahir tersebut.

Arti dari kalimat ucapan yang perlu dibaca : Semoga Allah senantiasa memberkahi kamu dan anak kamu karunia yang besar. Semoga kamu senantiasa bersyukur kepada Tuhan yang Maha Pemberi segala sesuatu. Semoga anak itu akan mencapai umur kuat atau matang dan semoga kamu akan diberi rezeki berupa kebaikan dalam kehidupan. Sementara ucapan yang perlu dibawa yaitu ucapan yang perlu dibaca dalam bahasa Arab sebagai berikut :

“Barakallahu laka fil mauhub, wa syakarta al wahib, wa balagha asyuddahu, wa ruziqta birrahu”

Itulah arti ucapan barakallah fi umrik dan penggunaan kata barakallah dalam kehidupan kita. Semoga informasi tentang arti barakallah dan barakallah fii umrik serta contoh – contoh pengucapan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.