Tuntunan Sholat Tahajud dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Sehari – Hari dan Kesehatan Lengkap

tuntunan sholat Tahajud – Sebagai seorang muslim yang bertaqwa, kita pastinya akan melakukan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Menjalankan perintah Allah SWT salah satunya adalah dengan mengerjakan sholat. Sholat diwajibkan bagi setiap muslim, yakni sholat fardu yang dikerjakan 5 kali sehari. Sementara itu untuk sholat sunnah sendiri tidak diwajibkan untuk dilakukan, akan tetapi apabila dilakukan akan mendapat pahala dan keutamaan – keutamaan. Salah satunya adalah sholat sunnah yang paling dianjurkan untuk dikerjakan yakni sholat Tahajud.

Sholat sunnah Tahajud ini merupakan sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari, yakni waktu yang utama adalah di sepertiga malam, antara jam 03 : 00. Dimana di sepertiga malam tersebut jadi waktu yang sangat mustajabah untuk berdoa. Di waktu tersebut para malaikat akan turun ke bumi. Sholat sunnah Tahajud ini dilakukan paling sedikit sebanyak 2 rakaat dan paling banyak tidak ada batasannya, dengan diakhiri sholat sunnah Witir sebagai penutupnya.

Sholat sunnah Tahajud ini tidak hanya bermanfaat untuk akhirat saja, yakni mendapat pahala yang berlimpah, diampuni dosa – dosanya, dan ditinggikan derajatnya, akan tetapi juga memiliki banyak sekali manfaat lainnya yang bisa dirasakan. Salah satunya adalah seseorang yang selalu terbiasa mengerjakan sholat Tahajud akan bisa mengontrol emosinya dengan baik, sebab memiliki ketenangan dan kedamaian jiwa.

Tuntunan Sholat Tahajud yang Benar dan Lengkap

cara Sholat Tahajud

Tuntunan sholat Tahajud ini sebenarnya sama halnya dengan sholat sunnah lain pada umumnya. Sebelum kita mengerjakan sholat sunnah Tahajud tersebut, disyaratkan suci dari hadast kecil maupun hadast besar, dan harus menutup aurat.

Selain itu kita juga harus suci dari najis, baik itu pada pakaian yang dikenakan, tempat, dan badan. Pada saat mengerjakan sholat Tahajud badan harus tegap, pandangan mata menghadap ke tempat sujud, dan menghadap kiblat. Sebelum melaksanakan sholat Tahajud terlebih dulu membaca niat sholat Tahajud dan kemudian diakhiri dengan salam. Berikut ini adalah tuntunan sholat Tahajud lengkap secara umum yang harus Anda ketahui.

  • Niat sholat sunnah Tahajud ini harus dilafadzkan dengan lisan dan di I’tiqadkan atau dimantapkan di dalam hati. Adapun niat di dalam hati adalah cukup dengan mengi’tiqadkan melaksanakan sholat sunnah Tahajud di dalam hati.
  • Membaca doa iftitah. Membaca doa iftitah ini hukumnya sunnah, ini artinya boleh misal tidak dibaca. Doa iftitah tersebut dibaca setelah takbirotul ihram.
  • Membaca surah Al-Fatikhah. Setelah membaca doa iftitah kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatikhah. Membaca surat Al-Fatikhah ini hukumnya wajib.
  • Membaca surat Al-Quran. Setelah itu, membaca surat dalam Al-Quran, dalam hal ini kita bisa memilih surat – surat pendek atau panjang, bisa pula membaca sebagian ayat pada surat yang panjang.
  • Membaca tasbih 3 kali saat ruku’. Jika sudah selesai membaca surat dalam Al-Quran, kemudian ruku’. Di sunnahkan mengangkat tangan pada saat akan berpindah gerakan menuju ruku’. Saat ruku’ membaca tasbih, sunnahnya sebanyak 3 kali.
  • I’tidal. Pada saat akan bangun I’tidal, di sunnahkan mengangkat kedua tangan, lalu membaca doa : Rabbanaa lakal hamdu… dan seterusnya.
  • Setelah I’tidal lalu dilanjutkan dengan sujud. Pada saat sujud di sunnahkan membaca tasbih 3 kali.
  • Duduk diantara dua sujud. Ketika duduk diantara dua sujud membaca doa : Robbighfirlii warhmanii wajburnii… dan seterusnya sampai selesai. Bacaan duduk diantara dua sujud ini merupakan doa yang sangat bagus sekali untuk kepentingan dunia dan akhirat. Jika sudah, baru bangun berdiri melaksanakan rakaan yang kedua. Bacaan dan gerakan yang dilakukan sama seperti pada rakaat yang pertama. Apabila sudah selesai melaksanakan sujud yang kedua pada rakaat yang kedua lalu duduk tasyahud akhir dan membaca doa tasyahud.

Setelah melaksanakan sholat sunnah Tahajud, kita di sunnahkan untuk membaca wirid, tahmid, tasbih, takbir, sholawat, istigfar, dan doa sholat Tahajud seperti berikut.

Dosa Sesudah sholat Tahajud yang Pendek dan Mudah Dihafal

Dosa setelah sholat Tahajud

“Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati  wal ardhi wa man fiihinna.

Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassa’atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu,  wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. Antal muqaddimu, wa antal mu’akhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah”. 

Kapan Batas Waktu Sholat Sunnah Tahajud?

batas Waktu Sholat Sunnah Tahajud

Apabila kita menjalankan sholat sunnah Tahajud, maka akan ada banyak sekali fadhilah yang akan kita dapat. Berdasarkan Al-Quran dan Sunnah ada beberapa waktu yang terbaik untuk menjalankan sholat sunnah Tahajud ini. Malam hari setelah sholat Isya’ dan bangun dari tidur adalah waktu dimulainya sholat sunnah Tahajud. Bahkan dari waktu malam tersebut, ada waktu paling utama untuk melaksanakan sholat sunnah Tahajud. Oleh sebab itu, ada baiknya kita memilih waktu yang lebih utama untuk melaksanakan sholat Tahajud tersebut. Di bawah ini adalah beberapa waktu terbaik untuk melaksanakan sholat Tahajud yang harus kita ketahui.

Sepertiga malam pertama

Sholat sunnah Tahajud bisa dilakukan pada sepertiga malam pertama. Dimana waktu tersebut juga jadi salah satu yang termasuk waktu yang paling utama, yakni setelah sholat Isya’ sampai pukul 10 malam. Sebelum melaksanakan sholat sunnah Tahajud pasti harus tidur terlebih dulu meskipun hanya sebentar.

Sepertiga malam kedua

Waktu yang lebih utama untuk melaksanakan sholat sunnah Tahajud yakni di sepertiga malam kedua, sekitar jam 10 malam – 1 dini hari. Biasanya kebanyakan orang kesulitan untuk terbangun di jam – jam tersebut. Akan tetapi apabila kita berhasil melawan godaan nafsu tersebut, maka akan ada banyak sekali fadhilah dan keistimewaan yang akan kita dapat.

Sepertiga malam terakhir

Sholat sunnah Tahajud di sepertiga malam terakhir adalah waktu paling utama. Waktu sholat ini berkisar antara jam 1 dini hari hingga sebelum memasuki waktu sholat Subuh. Di sepertiga malam terakhir ini biasanya disebut dalam Al-Quran dan Sunnah juga sebagai waktu paling afdhal untuk menunaikan ibadah sunnah di malam hari.

Bulan Ramadhan

Sholat sunnah Tahajud tidak hanya dilaksanakan di hari – hari biasa saja. Apabila kita melaksanakan sholat beserta doa sholat Tahajud di bulan Ramadhan sebagaimana diyakini sebagai bulan yang penuh dengan keberkahan, maka bisa meleburkan dosa – dosa yang ada. Pastinya waktu tersebut tidak boleh disia – siakan begitu saja. Hal ini dikarenakan bulan Ramadhan hanya datang 1 tahun sekali. Sehingga sangat disayangkan bila kita tidak menghiasi malam Ramadhan tersebut dengan sholat sunnat Tahajud.

Manfaat Sholat Tahajud Bagi Kehidupan Sehari – Hari dan Kesehatan

Manfaat Sholat Tahajud Bagi Kehidupan Sehari – Hari

Penghapus dosa dan mencegah berbuat dosa

Sholat sunnah Tahajud adalah ibadah sarana mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Apabila kita ingin meminta sesuatu pastinya kita harus mendekatkan diri kepada yang akan kita mintai. Misalnya saja meminta ampunan atas dosa – dosa yang telah diperbuat. Sholat Tahajud ini hanya akan dilaksanakan secara rutin dan istikomah oleh mereka yang memiliki niatan tulus, sehingga keistimewaan sholat sunnah Tahajud tersebut diberikan kepada mereka yang mau dan mampu melaksanakan sholat Tahajud dengan penuh niat dan keikhlasan.

Salah satu ketistimewaan dari sholat sunnah Tahajud ini adalah media untuk menghapus dosa – dosa yang telah diperbuat dan mencegah kita untuk melakukan kembali sebab setiap malam kita akan mengingat Allah SWT bahwa Dzatnya maha melihat, sehingga kita akan selalu merasa terawasi, sehingga hal tersebut bisa mencegah kita dari berbuat dosa kembali.

Jaminan masuk surga

Seseorang yang melaksanakan sholat sunnah Tahajud dengan penuh niat dan keikhlasan, maka jaminan masuk surga akan didapatkan. Telah jelas diriwayatkan pada sebuah hadist yakni jaminan masuk surga bagi orang – orang yang melaksanakan sholat Tahajud. Sholat Tahajud adalah sholat yang dilaksanakan di waktu sepertiga malam saat orang – orang sedang terlelap tidur, akan tetapi orang yang akan melaksanakan sholat Tahajud ini bangun dan mengambil air wudhu. Meskipun terlihat mudah tetapi berat dilaksanakan apabila masuk belum terbiasa, maka Allah SWT memberikan balasan surga bagi yang melaksanakannya.

Mendapat keringanan saat dihisab di akhirat

Pada saat di akhirat pastinya tidak akan ada yang bisa menolong kita, kecuali amal yang telah kita lakukan selama hidup di dunia. Saat dihisab atau pun ditimbang amal kita ini yang akan jadi penentu kita akan masuk surga atau pun neraka. Ketika timbangan amal kita lebih berat dari kebaikan, maka kita akan masuk ke surga, namun demikian apabila timbangan perbuatan dosa yang lebih berat, maka kita akan masuk ke neraka. Mereka yang secara rutin melaksanakan sholat sunnah Tahajud akan mendapat keringanan saat dihisab di akhirat nanti.

Tanda takwanya terlihat di muka

Seseorang yang terbiasa melaksanakan sholat sunnah Tahajud wajahnya akan terlihat bersinar. Hatinya pun akan tertuntun dengan kebaikan – kebaikan sebab sholat akan mencegah perbuatan keji dan munkar. Sholat sunnah Tahajud akan menjaga keimanan seseorang agar tetap ada di dalam hati, sehingga kita pun akan selalu teringat kepada Sang Pencipta.

Melancarkan aliran darah di dalam tubuh

Sholat sunnah Tahajud yang dilaksanakan dengan keutamanan di sepertiga malam, yakni sekitar jam 3 pagi. Di waktu tersebut ada banyak orang yang masih terlelap dalam tidurnya. Akan tetapi seorang muslim yang bertaqwa dan ingin selalu mendekatkan diri kepada Sang Penciptanya akan bangun dan melaksanakan sholat Tahajud. Sholat Tahajud ini tidak hanya dilaksanakan untuk berkeluh kesah dan mengadu kepada Allat SWT, akan tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Ketika udara masih bersih, oksigen masih belum tercemar, yakni saat jam 3 pagi maka akan sangat menyehatkan paru – paru kita, lancarkan peredaran darah, dan sehatkan tubuh.

Membesarkan rongga paru – paru

Manfaat sholat sunnah Tahajud yang selanjutnya ada pada gerakan sholat Tahajud itu sendiri. Gerakan sholat yang kita kerjakan ini tidak berarti hanya gerakan saja tanpa memiliki arti serta manfaat. Gerakan dalam sholat yang kita kerjakan memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan tubuh. Salah satu gerakan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah gerakan takbiratul ihram lalu kita bersedekap. Pada gerakan tersebut akan membuka rongga paru – paru jadi besar, sehingga akan lancarkan aliran udara menuju ke paru – paru. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan paru – paru kita.

Pikiran jauh lebih tenang dan segar

Berbagai aktifitas yang kita lakukan selama seharian sudah pasti akan membuat tubuh kita butuh istirahat yang cukup, setelah kita bangun pagi di sepertiga malam maka kita akan merasakan pikiran kita yang jernih dan segar kembali. Di waktu ini sangat bagus sekali untuk merefresh pikiran kita, sehingga beban – beban hidup pun akan terkurangi. Mengadulah kepada Sang Pencipta maka hanya kepadanya kita meminta serta akan diberi apa yang jadi hajat kita.

Mendapat cinta dan ridho Allah SWT

Pada saat orang lain sedang menikmati tidurnya, akan tetapi orang mukmin bangun dan memilih untuk meninggalkan kenyamanan tidur dan membunuh syahwatnya. Mereka bangun dan melaksanakan sholat sunnah Tahajud untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan janji Allah SWT nyata bahwasannya orang – orang yang selalu mendekat dan meminta kepada-Nya maka akan dikabulkan permintaannya. Allah SWT akan cinta dan ridho kepada setiap hambanya yang mau mendekatkan diri. Apabila Allah SWT sudah cinta dan ridho, maka apapun yang kita panjatkan akan terkabul selama masih untuk kebaikan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Melaksanakan sholat sunnah Tahajud dengan gerakan – gerakan yang dilakukan dan bangun di sepertiga malam akan jadi terapi penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Hal ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Telah dilakukan sebuah riset bahwasannya secara bio-teknologi sholat sunnah Tahajud bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Sistem kekebalan tubuh ini yang kemudian akan menjadikan tubuh kita tidak mudah terserang penyakit, sebab sistem imunitas tubuh yang akan menyerang setiap bibit penyakit dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Luar biasanya lagi, sholat Tahajud ternyata juga sangat baik sekali untuk penderita penyakit berat, seperti kanker, bahkan bisa menghilangkan rasa nyeri yang kerap kali melanda penderita kanker.

Sholat paling afdhol setelah sholat fardu

Sholat sunnah Tahajud adalah sholat paling afdhol setelah sholat fardu. Sholat Tahajud dilaksanakan di tengah malam yang akan memberikan waktu serta suasana khusyu’ untuk berdoa. Di waktu ini kita bisa menumpahkan segala keluh kesah yang kita rasakan kepada Allah SWT. Hanya kepada-Nya tempat yang paling tepat untuk mengadu dan meminta. Hati kita pasti akan merasa aman, nyaman, dan keikhlasan akan tercipta di setiap kejadian yang telah menimpa di kehidupan. Sebab sholat sunnah Tahajud ini merupakan sholat paling afdhol setelah sholat fardu, maka Allah SWT memberikan banyak keistimewaan kepada orang – orang yang mau dengan ikhlas melaksanakannya.

Dikabulkannya doa – doa

Sholat sunnah Tahajud adalah sholat sunnah yang dianjurkan, sebab janji Allah SWT telah jelas bahwa orang yang mau melaksanakan sholat sunnah Tahajud kemudian setelahnya meminta sesuatu, maka akan diberikan, memohon ampun maka akan diampuni, siapa yang berdoa maka akan dikabulkan doanya. Di saat seperti malam malaikan akan turun ke bumi dan memeriksa siapa saja yang berdoa, maka doanya akan disampaikan kepada Allah SWT. Doa yang dipanjatkan di waktu mustajabah akan terkabulkan. Salah satu waktu paling mustajabah untuk berdoa adalah di sepertiga malam.

Demikianlah informasi tentang tuntunan sholat Tahajud dan manfaatnya bagi kehidupan sehari – hari dan kesehatan lengkap. Semoga bermanfaat.